Asmat (AntaranewsPapua)  -  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah Papua dan Papua Barat membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada 28.986 warga Asmat di Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

KIS diserahkan Direktur BPJS Kesehatan Wilayah Papua dan Papua Barat Anurman Huda secara simbolis kepada sejumlah warga Asmat, belum lama ini.

Penyerahan KIS disaksikan Bupati Asmat Elisa Kambu serta sejumlah pejabat setempat.

Bupati Asmat Elisa Kambu memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat dan pemerintah provinsi karena telah memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Asmat melalui BPJS Kesehatan.

"Kami sampaikan terima kasih, karena masyarakat Asmat, terutama warga tidak mampu telah mendapat jaminan pelayanan kesehatan," kata Elisa di Agats.

Orang nomor satu di Kabupaten Asmat itu mengatakan pemerintah setempat juga telah bermitra dengan BPJS Kesehatan Cabang Merauke dalam rangka memberikan jaminan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Asmat.

"Kami berharap agar masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas jaminan kesehatan ini secara baik. Ikuti prosedur dan aturan yang ada sehingga pelayanan tidak terhambat dan berjalan maksimal,” ujarnya.

Direktur BPJS Kesehatan Wilayah Papua dan Papua Barat Anurman Huda mengatakan Asmat merupakan kabupaten yang ke 16 dari 29 kabupaten/kota di Papua yang mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan berupa Kartu Indonesia Sehat.

“Untuk sementara warga Asmat yang telah diintegrasi untuk mendapatkan KIS sebesar 90 persen. Kami akan segera menuntaskan pendataan agar 100 persen warga Asmat mendapatkan jaminan kesehatan melalui KIS,” kata Huda. (*/adv)

Pewarta : Eman
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024