Jayapura (Antaranews Papua) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Provinsi Papua mengarahkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di wilayah adat Animha, agar lebih fokus pada bidang persawahan.

Wilayah Adat Anim Ha/Ha Anim yang mencakup 29 suku yang terletak terletak di Papua Selatan yakni wilayah Merauke, Boven Digoel, Mappi, Asmat dan Mimika.

Kepala Bidang SMK Disdik Papua Yanus Kuwaiyo di Jayapura, Selasa, mengemukakan untuk wilayah adat Animha, SMK Pertanian yang ada di wilayah itu diarahkan untuk fokus pada persawahan, dan pembinaannya sudah mulai jalan.

"Terdapat empat SMK Pertanian yang ada diwilayah adat Animha, dan sudah ditetapkan sebagai SMK pertanian dan satu tahun ini kami sudah mulai jalan dengan pembinaan, sudah ada kerja sama dengan dunia industri terkait dengan persawahan," ujarnya.

Khusus untuk Kabupaten Asmat, kata Yanus, Disdik Papua juga mendorong SMK yang ada di kabupaten itu agar juga fokus pada pengembangan ukiran seni pahat.

"Kalau Asmat itu baru tahun ini kami buka ukiran seni dan budaya (USB) untuk seni dan budaya, jadi kami ingin menghidupkan kembali ukiran seni pahat Asmat itu melalui SMK dan sudah mulai tahun ini kami sudah mulai bangun," ujarnya.

Dengan demikian, kedepannya, SMK di Asmat akan menyuplai sumber daya manusia untuk bisa mengembangkan ukiran seni pahat asal Asmat.

Di wilayah Papua, terdapat tujuh wilayah adat.

Selain Animha, enam wilayah adat lainnya yakni Mamta/Tabi yang mencakup 87 suku, yang terletak di Port Numbay/Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Sarmi, dan Mamberamo.

Selanjutnya, wilayah adat Saireri (31 suku), terletak di sekitar Teluk Cenderawasih, meliputi Biak Numfor, Supiori, Yapen, Waropen, dan Nabire bagian pantai.

Wilayah Adat Doberai (52 suku), terletak di Papua Barat Laut sekitar Sorong Manokwari, meliputi Manokwari, Bintuni, Babo, Wondama, Wasi, Sorong, Raja Ampat, Teminabuan, Inawatan, Ayamaru, Aifat, dan Aitinyo.

Wilayah Adat Bomberai (19 suku), terletak di Papua Barat yakni Fakfak Mimika dan sekitarnya, meliputi Fakfak, Kaimana, Kokonao, dan Mimika.

Wilayah Adat La Pago (19 suku), terletak di Papua Timur meliputi Pegunungan Bintang, Wamena, Tiom, Kurima, Oksibil, dan Okbibab.

Wilayah Adat Me Pago (11 suku), terletak di Papua Tengah yang meliputi Puncak Jaya, Tolikara, Paniai, dan Nabire pedalaman.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024