Jayapura (Antaranews Papua) - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Aloysius Giyai menyebutkan lima kabupaten di provinsi itu belum maksimal melaksanakan imunisasi meales-rubella (MR).

Aloysius di Jayapura, Jumat, mengatakan lima kabutan tersebut akan menjadi perhatian khusus pemerintah provinsi khususnya Dinas Kesehatan.

"Kabupaten yang perlu kita kepung secara bersama untuk laksanakan imunisasi MR yakni Kabupaten Yahukimo, Puncak Jaya, Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Intan Jaya," ujarnya.

Mantan Kepala Puskesmas Koya itu menyebutkan kabupaten-kabupaten itu yang membutuhkan perhatian khusus. Dalam dua pekan terakhir ini akan dibantu provinsi.

Sementara terkait akan dilakukannya penambahan imunisasi dasar lainnya, ujarnya akan dilakukan setelah adanya evaluasi pada 30 Oktober 2018.

"Kita akan lakukan evaluasi di kabupaten-kabupaten tertentu, mudah-mudahan ada kebijakan berupa keputusan bersama yang kita ajukan ke Kementerian Kesehatan RI," tambahnya.

Menurut Aloysius, hingga kini ada beberapa kabupaten yang bekerja secara luar lantaran ada kabupaten yang sudah mencapai 64 persen untuk tingkat Provinsi Papua.

"Mudah-mudahan pada 30 Oktober 2018, harapan saya bisa mencapai 80 persen dan jika hal ini tercapai sudah sangat luar biasa karena 80 persen berarti kita sudah mengimunisasikan sekitar 800.000 anak di Papua," jelasnya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024