Jakarta (Antaranews Papua) - Borussia Dortmund menaklukkan Atletico Madrid dengan kemenangan 4-0 pada pertandingan Liga Champions yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Jerman, pada Kamis (25/10) dini hari WIB.

Dua gol Dortmund disumbangkan pemain pengganti Raphael Guerreiro, sedangkan dua gol lain dibukukan oleh Axel Witsel dan bintang muda Jadon Sancho.

Berkat kemenangan ini, Dortmund memuncaki klasemen dengan catatan sempurna, sembilan poin dari tiga pertandingan yang telah dimainkan.

Pada pertandingan berikutnya yang akan berlangsung pada 7 November, Atletico akan menjamu Dortmund sedangkan Monaco akan menjadi tuan rumah bagi Brugge.

Borussia Dortmund menghancurkan Atletico Madrid dengan kemenangan 4-0, di mana dua gol yang dibukukan pemain pengganti Raphael Guerreiro membantu mereka memuncaki klasemen Grup A.

Tim Jerman itu, yang belum terkalahkan di semua kompetisi musim ini namun tidak diperkuat penyerang Paco Alcacer yang cedera, membuka keunggulan melalui Axel Witsel pada menit ke-38 melalui sepakannya yang terdefleksi, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Selain peluang yang dimiliki Antoine Griezmann, Atletico tidak pernah mengancam pada babak pertama, namun berupaya bangkit setelah turun minum melalui tembakan melengkung Saul Niguez yang membentur mistar gawang pada menit ke-52.

Saul memiliki tiga peluang pada menit-menit selanjutnya ketika Atletico terlihat akan menyamakan kedudukan dan menekan tim Jerman.

Namun Dortmund dapat mengemas gol kedua mereka untuk mengatasi tekanan, di mana pemain pengganti Guerreiro, yang masuk pada menit ke-63, memasukkan bola dari jarak dekat untuk menyambut operan Ahraf Hakimi.

Hakimi kemudian memberikan assist lain bagi pemain pengganti lainnya Jadon Sancho untuk mengukir gol ketiga Dortmund melalui gol perdananya di Eropa pada menit ke-83, sebelum Guerreiro melengkapi kemenangan mereka dengan gol keduanya enam menit berselang.
    
Atletico memiliki peluang yang mengenai tiang gawang untuk kedua kalinya pada menit ke-78, namun mereka harus menerima kekalahan ini, kekalahan perdana mereka di Liga Champions musim ini.

Dortmund, yang belum kemasukan gol di kompetisi elit ini, memuncaki klasemen dengan sembilan poin dari sembilan pertandingan, sedangkan Atletico berada di peringkat ke-2 dengan enam poin.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:
Borussia Dortmund (4-2-3-1): Buerki, Piszczek, Diallo, Zagadou, Hakimi, Delaney (Dahoud 35'), Witsel, Pulisic (Sancho 79'), Goetze, Larsen (Guerreiro 63'), Reus
Pelatih:

Atletico Madrid (4-4-2): Oblak, Juanfran, Godin, Hernandez, Luis, Lemar, Koke, Thomas (Rodri 46'), Niguez (Correa 70'), Costa, Griezmann
Pelatih: Diego Simeone

Sementara itu, pertemuan antara dua tim terbawah di grup ini, Brugge dan AS Monaco, berakhir imbang 1-1.

Berstatus tim tamu, Monaco asuhan Thierry Henry unggul terlebih dahulu melalui pemain muda Moussa Sylla, sebelum kemudian Brugge menyamakan kedudukan melalui Wesley.

AS Monaco mendapatkan poin pertamanya pada perjalanan mereka di Liga Champions yang mengecewakan pada Kamis dini hari WIB, pada penampilan Eropa pertama mereka di bawah asuhan Thierry Henry, namun hasil imbang 1-1 di markas Club Bruge membuat kedua klub masih memiliki sedikit peluang lolos ke fase gugur.

Baik Monaco, semifinalis dua musim lalu, dan lawannya yang berasal dari Belgia gagal mendapatkan tempat di dua posisi teratas di Grup A, setelah keduanya kalah dari Atletico Madrid dan Borussia Dortmund pada dua pertandingan pembukaan mereka, demikian catatan pertandingan di laman resmi UEFA.

Pada pertandingan kedua di bawah asuhan mantan pemain internasional Prancis Henry, klub Prancis tersebut setidaknya menghentikan laju lima kekalahan beruntun mereka namun mereka kini telah menjalani 12 pertandingan tanpa kemenangan sejak menang di Nantes pada hari pembukaan musim Liga Prancis.

Monaco membuka keunggulan melalui pemain 18 tahun Moussa Sylla pada menit ke-31 melalui serangan balik yang diawali laju pemain internasional Rusia Aleksandr Golovin.

Namun keunggulan itu hanya bertahan delapan menit sebelum penyerang tengah Brugge asal Brazil, Wesley, menyamakan kedudukan dengan menanduk umpan silang Hans Vanaken, menaklukkan kiper debutan Loic Badiashile yang tidak berada di posisi ideal.

Kiper keempat Monaco berusia 20 tahun itu telah tampil empat kali ketika klubnya dihantam krisis cedera pemain, yang diperparah dengan gelandang Stevan Kovetic yang harus ditandu keluar lapangan setelah hanya bermain selama sembilan menit akibat dugaan cedera pangkal paha.

Kiper Brugge Karlo Letica melakukan penyelamatan penting terhadap upaya Golovin pada menit ke-72 untuk membuat skor tetap imbang, sebelum pemain pengganti tuan rumah Lois Openda gagal memaksimalkan peluang terakhir di pertandingan ini.

Kedua klub akan kembali bertemu di Monaco pada 6 November pada pertandingan grup mereka selanjutnya, di mana satu tempat di Liga Europa pada awal tahun depan kemungkinan akan dipertaruhkan.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:
Brugge (3-5-2): Letica, Poulain, Mechele, Denswil, Vlietinck (Mata 83'), Vormer, Nakamba, Vanaken, Bonaventure (Diatta 90'), Rezaei (Openda 79'), Wesley
Pelatih: Ivan Leko

AS Monaco (3-4-3): Badiashile, Raggi, Glik, Jemerson, Sidibe (Henrichs 64'), Ait Bennasser, Tielemans, Chadli, Jovetic (Diop 12' (Aholou 73')), Sylla, Golovin
Pelatih: Thierry Henry

Berikut hasil rangkaian pertandingan pekan kedua Grup A Liga Champions seturut laman resmi UEFA:   

Borussia Dortmund 4 (Axel Witsel 38', Raphael Guerreiro 73', Jadon Sancho 83, Raphael Guarreiro 89') - Atletico Madrid 0

Klasemen Grup A           
    
Tim   M   M   I   K   Gol   P         
1   Borussia Dortmund   3   3   0   0   8-0   9         
2   Atletico Madrid         3   2   0   1   5-6   6         
3   AS Monaco                3   0   1   2   2-6   1         
4   Brugge                      3   0   1   2   2-5   1

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024