Biak (Antaranews Papua) - Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Papua menggelar rapat koordinasi dengan pejabat Bappenas untuk membahas tindak lanjut Instruksi Presiden Nomor 10/2017 terkait persiapan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON)  XX tahun 2020 di Papua.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Biak Yunus Saflembolo MTP yang sedang di Jakarta, saat dihubungi dari Biak, Jumat, mengakui rapat persiapan PON XX antara Dispora-Bappeda Papua dengan Direktur Aparatur Sipil Negara Bappenas Velix V Wanggai berlangsung di Jakarta Jumat 2 November 2018.

"Hasil rapat koordinasi dengan Bappenas diharapkan menjadi bahan untuk kelanjutan persiapan penyelengaraan PON XX Papua 2020," ujar Yunus Saflembolo.

Ia mengakui berbagai pembangunan infrastruktur fisik yang sedang dibangun berbagai arena cabang olahraga, stadion bangkit mandiri serta fasilitas penunjang pembangunan wisma penginapan atlet hingga kesiapan transportasi untuk peserta.

Yunus mengakui unuk penyelenggaraan PON 2020 Provinsi Papua telah ditetapkan lima cluster daerah penyelenggara diantaranya Kabupaten Biak Numfor, Jayapura, Mimika, Merauke dan Kabupaten Jayawijaya.

Untuk Kabupaten Biak Numfor, menurut Kadispora Yunus, telah ditunjuk Pemprov Papua sebagai salah satu daerah sebagai penyelenggara PON 2020.

"Berbagai sarana prasarana pendukung penyelenggaraan PON 2020 Papua sedang dalam persiapan pembangunan venue cabang olahraga hoki, ya untuk pembangunan fisik venuenya? sudah ada kepastian segera dibangun di Biak Numfor," ujarnya.

Berdasarkan data untuk persiapan penyelenggaraan PON XX Papua 2020 sudah dilaksanakan rapat Panitia Besar PON 2020 Papua yang juga Gubernur Papua Lukas Enembe dengan Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat serta Bappenas.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024