Mappi (Antaranews Papua) - Personel Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-103 Kodim 1707/Merauke mengajak warga Kampung Bifo, Distrik Passue Bawah, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua, untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk berkebun, seperti menanam sayur-mayur.

Ajakan tersebut disertai pelatihan singkat tentang cara menanam sayur-mayur di lahan pekarangan rumah, yang digelar pada Minggu (4/11/2018).

Salah satu anggota Satgas TMMD Serda M. Imron mengatakan ajakan disertai pelatihan menanam sayur-mayur itu merupakan bagian dari kegiatan non fisik TMMD ke-103 Kodim 1707/Merauke.

"Pada kesempatan kali ini kami mengajak Bapak Heroja Tagi dan keluarganya melakukan cocok tanam dengan memanfaatkan lahan dipekarangannya yang kosong untuk jadikan kebun sayuran," ujar Imron.

"Dengan memberikan pelatihan dan pengetahuan serta praktek langsung dilapangan tentang tata cara bercocok tanam diharapkan dapat memotivasi Bapak Heroja Tagi dan keluarganya untuk untuk bercocok tanam dengan baik bahkan kedepannya dapat mengembangkan pengetahuan tersebut," tambah Imron.

Terkait hal itu, Satgas TMMD itu juga membagi-bagian bibit tanaman yang telah disemai seperti cabai, terong dan Tomat, kepada warga Kampung Bifo untuk ditanam dikebun pekarangan rumahnya masing-masing sehingga kedepannya dapat menambah memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Heroja Tagi mengucapkan terima kasih banyak kepada anggota Satgas TMMD Ke-103 Kodim 1707/Merauke yang telah memberikan pengetahuan dan pendampingan kepada mereka.

"Dengan adanya pendampingan dari Bapak TNI dan pemberian bibit sayuran ini kami merasa sangat senang dan menjadi termotivasi untuk lebih semangat lagi kedepannya dalam berkebun," ujarnya. (*/adv)

Pewarta : Arga
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024