Jakarta (Antaranews Papua) - Dua penguasa klasemen Grup G Liga Champions, Real Madrid dan AS Roma memuluskan jalan mereka menuju fase gugur, berkat kemenangan yang mereka raih pada pertandingan putaran ke-4 yang dimainkan pada Kamis dini hari WIB.

Juara bertahan Madrid mencuri tiga poin dari kandang Viktoria Plzen, setelah mereka mengamankan kemenangan 5-0 atas tuan rumah. Kemenangan ini sekaligus merupakan kemenangan perdana Real di kompetisi Eropa di bawah asuhan pelatih Santiago Solari.

Karim Benzema menyumbang dua gol saat Real Madrid menghancurkan Viktoria Plzen dengan skor 5-0.

Seperti dilansir laman resmi UEFA, Benzema mengemas gol ke-200nya melalui upaya solo, dan membawa Madrid berada di jalur kemenangan yang membawa mereka memuncaki klasemen Grup G pada pertandingan pertama di level Eropa di bawah asuhan Santiago Solari.

Gol pembuka tercipta setelah Sergio Ramos lolos dari hukuman karena menyikut Milan Havel, namun hal itu tidak mencegah amuk tim tamu ketika Casemiro memperbesar keunggulan mereka pada menit ke-23.

Benzema membukukan gol keduanya dan memberi assist untuk dikonversi menjadi gol oleh Gareth Bale pada menit dalam rentang waktu tiga menit.

Toni Kroos mencetak gol penutup Madrid pada menit ke-67, dan membuat Plzen harus berjuang keras untuk dapat merebut peringkat ketiga.

Lini pertahanan Madrid yang diganggu masalah cedera pemain hampir kemasukan pada menit kesembilan, ketika Nacho Fernandez menyambar umpan silang Patrik Hrosovsky untuk membentur mistar gawang.

Hidung Havel dibuat berdarah setelah disikut Ramos pada menit ke-14, dan cedera tersebut memaksa sang gelandang meninggalkan lapangan pada babak pertama.

Madrid segera memaksimalkan superioritas mereka ketika Benzema mendapat ruang untuk berlari dan ia mengemas gol dengan mengarahkan bola melewati sela-sela kaki kiper Ales Hruska pada menit ke-20.

Pertahanan rapuh lain dari Plzen membuat Casemiro dapat menyambar tendangan sudut Kroos, sebelum Benzema mencatatkan gol ke-201nya untuk Madrid dengan menanduk bola kiriman Bale melewati Hruska.

Solari memberikan kesempatan melakukan debut Liga Champions kepada Javi Sanchez dan Vucinius, dengan menggantikan Ramos dan Benzema, dan pemain Brazil tersebut menandai kesempatan ini dengan memberi umpan untuk menjadi gol Kroos.

Upaya Lucas Vazquez gagal membuahkan gol tambahan karena offside, dan sepakan Bale mengenai bagian atas tiang gawang ketika Madrid mengamankan tiga poin yang penting.

Sementara itu, wakil Italia Roma meraih kemenangan 2-1 saat dijamu CSKA Moscow. Kedua gol Roma dibukukan oleh Konstantinos Manolas dan Lorenzo Pelegrini, dan gol yang sempat menyamakan kedudukan bagi tim Rusia dibukukan oleh Arnor Sigurdsson.

Pasukan Eusebio Di Francesco memaksimalkan diusirnya Hordur Magnusson karena telah menerima dua kartu kuning, di mana Lorenzo Pellegrini mengemas gol penentu kemenangan setelah ia memberi assist untuk terciptanya gol pertama, yang membawa Roma berada di ambang 16 besar, seperti dilansir laman resmi UEFA.

Kostas Manolas memanfaatkan kesalahan kiper Igor Akinfeev untuk membawa tim tamu memimpin pada menit ke-4, namun CSKA mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-50 melalui Arnor Sigurdsson.

Roma hanya memerlukan waktu kurang dari tiga menit untuk memanfaatkan keunggulan jumlah pemain dan mengamankan kemenangan setelah Magnusson mendapat kartu merah, melalui gol Pellegrini yang terlihat mengemas gol dari posisi offside.

CSKA mampu mengalahkan Real Madrid pada pertandingan kandang Liga Champions di putaran sebelumnya, namun tertinggal sejak awal ketika Akinfeev gagal membaca tendangan sudut Pellegrini dan Manolas tanpa kesulitan memasukkan bola.

Bek CSKA Mario Fernandes digantikan Geirgy Schnnikov pada menit ke-12 setelah berduel dengan Aleksandar Kolarov, dan kepalanya terkena lutut sang pemain Serbia.

Ivan Oblyakov melepaskan tembakan yang masih dapat dihalau Manolas, dan Schennikov menyundul bola pantul namun masih melambung di atas gawang sebelum turun minum.

Sigurdsson menyamakan kedudukan untuk CSKA saat ia diadang Davide Santon, dan melepaskan sepakan melengkung yang berbuah gol pada menit ke-51.

CSKA harus tampil dengan sepuluh pemain setelah Magnusson mendapatkan kartu kuning keduanya akibat pelanggarannya terhadap Justin Kluivert, dan Roma merestorasi keunggulannya pada menit ke-58.

Operan Bryan Cristante terdefleksi Edin Dzeko dan jatuh ke penguasaan Pellegrini, di mana para pemain CSKA menganggap sang pemain berada dalam posisi offside.

Pellegrini kemudian digantikan Nicolo Zaniolo pada menit ke-82, dan Roma mengakhiri pertandingan dengan relatif mudah.

Kedua hasil ini membuat Madrid dan Roma masih kokoh menghuni dua posisi teratas di klasemen dengan koleksi sembilan poin. Sedangkan CSKA tertahan di peringkat ke-3 dengan empat poin, dan Viktoria berada di posisi juru kunci dengan koleksi hanya satu poin.

Pada putaran kelima yang akan dimainkan pada 28 November, Roma akan menjamu Madrid, sedangkan CSKA akan bertindak sebagai tuan rumah saat melawan Plzen.

Berikut hasil rangkaian pertandingan pekan ketiga Grup G Liga Champions seturut laman resmi UEFA:
CSKA Moscow 1 (Arnor Sigurdsson 50') - AS Roma 2 (Konstantinos Manolas 4', Lorenzo Pellegrini 59')
Vitoria Plzen 0 - Real Madrid 5 (Karim Benzema 21', Casemiro 23, Karim Benzema 37', Gareth Bale 40', Toni Kroos 67')

Klasemen Grup G               
Tim   M   M   I   K   Gol   P         
1   Real Madrid   4   3   0   1   10-2   9         
2   AS Roma   4   3   0   1   10-4   9         
3   CSKA Moscow   4   1   1   2   4-7   4         
4   Viktoria Plzen   4   0   1   3   3-14   1.

Pewarta : A Rauf Andar Adipati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024