Biak (Antaranews Papua) - Pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bangsring, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur, turut menghadiri Festival Ikan Biak yang digelar Pemerintah Kabupaten Biak Numfor bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) Perwakilan Papua, 19-20 November 2018.

BUMDes Bangsring Banyuwangi yang mengelola potensi sumer daya laut merupakan salah satu BUMDes di Tanah Air yang tergolong sukses karena mampu menghasilkan omset Rp800 juta hingga Rp1 miliar per bulan.

Kehadiran pengelola BUMNDes Bangsring di Biak, diharapkan dapat memotivasi pemerintah kampung di Kabupaten Biak Numfor agar juga bisa berhasil mengelola BUMNDes.

"Keterlibatan bersama masyarakat lokal dalam mengelola potensi sumber daya kelautan di desanya menjadi kunci sukses mengelola Bumdes Bangsring," kata Ketua BUMDes Bangsring Banyuwangi Sukirno kepada Antara di Biak, Selasa.

Ia mengakui potensi sumber daya alam kelautan Kabupaten Biak Numfor ada kesamaan dengan kondisi geografis dimiliki desa Bangsring Banyuwangi.

Sukirno mengakui perlu adanya keterbukaan dalam mengelola program Bumdes dengan masyarakat sehingga saling mendukung dalam melaksanakan berbagai program pemasaran pariwisata bahari.

Menyinggung sumber pendapatan masyarakat desa Bangsring Banyuwangi dari usaha Bumdes sangat besar paling rendah berkisar Rp150 ribu/hari.

Sukirno berharap dengan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana mengelola Bumdes kelautan di Kampung Binyeri Distrik Yendidori, diharapkan dapat menjadi daya tarik para warga untuk senantiasa bersama menjaga perairan laut sebagai sumber ekonomi masyarakat kampung.

"Sosialisasi langsung dilakukan kepada masyarakat diharapkan menjadi informasi warga dalam mendukung pengelolaan kebersihan lingkungan pantai Kampung Binyeri-Samber sebagai kampung minawisata," harap Sukirno yang diundang langsung dari Banyuwangi.

Berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) dari 257 kampung di Kabupaten Biak Numfor masih belum ada yang membentuk Bumdes sebagai lembaga penggerak pemberdayaan ekonomi masyarakat di berbagai kampung.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024