Jayapura (Antaranews Papua) - Prajurit TNI dari Yonif 725/WRG menggelar penyuluhan kesehatan untuk warga di Kampung Bamundol, Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin), Papua.

Yonif 725/WRG yang merupakan satuan tugas (Satgas) pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Papua Nugini (PNG) itu bekerja sama Dinas Kesehatan Kabupaten Pegubin yang dilaksanakan di aula Kampung Bamundol, Rabu.

"Penyuluhan tentang kesehatan ini sangat perlu dilaksanakan mengingat tingginya ancaman kesehatan terhadap masyarakat khususnya yang berkaitan dengan penyakit malaria," kata Komandan Pos (Danpos) Oksibil Satgas Yonif 725/WRG Kapten Inf Imam Mutaqin ketika dihubungi dari Kabupaten Jayapura, Rabu.

Pada momentum tersebut, kata dia, Sertu Didit Atmi yang memimpin kegiatan tersebut bersama staf dari Dinas Kesehatan Pegubin menerangkan beragama topik, mulai dari cara hidup sehat, makan makanan bergizi, ajakan agar tidak merokok dan sejumlah anjuran tentang pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai ancaman penyakit.

"Pola hidup sehat ini harus di tanamkan dari dini utamanya kepada anak-anak sudah diajarkan tentang pentingnya cara hidup sehat, karena kalau bukan dari sekarang kapan lagi. Jadi, mulai dari sekarang mereka harus mengerti dan membiasakan diri untuk menjaga dirinya dan lingkungan di sekitarnya," katanya.

Untuk melakukan hidup sehat juga cukup mudah, murah dan sederhana, seperti semboyan dari Dinas Kesehatan Pegunungan Bintang, dimana warga harus mulai dari hal-hal yang kecil diantaranya seperti makan makanan yang sehat dan bergizi serta yang bersih.

"Termasuk mandi yang bersih, menggosok gigi dan membiasakan diri mencuci tangan yang bersih dan benar sebelum makan serta tidak merokok," katanya.

"Meskipun kita melaksanakan cara hidup yang sehat dan masih merokok semuanya akan percuma dan sia-sia jika polutan masih ada dalam tubuh, seperti yang kita ketahui bahwa rokok mengandung 4000 jenis Zat Kimia baik padat ataupun gas," sambungnya.

Masyarakat sangat antusias dalam mengikuti kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut dan juga, ungkap dia, mereka sangat senang akan kehadiran Satgas Baru Yonif 725/WRG dengan harapan nantinya dapat membantu warga terutama dalam meningkatkan pola hidup sehat.

"Masyarakat sangat antusias apalagi dipraktekan cara cuci tangan yang baik dan benar dengan menggunakan sabun, sebelum makan," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024