Jayapura (ANTARA News Papua) - Prajurit TNI dari Kodim 1701/Jayapura bekerja sama dengan PT Pertamina MOR VIII Maluku-Papua menggelar karya bakti berupa pembersihan sepanjang pantai Dok II Jayapura, Papua, Rabu.

Dandim 1702/Jayapura Letkol Inf Johanis Parinussa di Kota Jayapura, Rabu malam, mengatakan pembersihan bibir pantai Dok II Jayapura itu setelah melihat banyaknya sampah sisa petasan usai perayaan pergantian tahun secara spontan oleh masyarakat.

"Kami melihat di bibir pantai Dok II Jayapura perlu dibersihkan, sehingga kami menggandeng PT Pertamina dan warga sekitar untuk gelar karya bakti berupa pembersihan pantai sepanjang satu kilometer," katanya.

Karya bakti itu, kata dia, dikoordinir oleh Serka Mudianto bersama dua rekannya dari Koramil 1701-02/Jayapura Utara bersama karyawan Pertamina dan warga setempat.

"Banyak sampah yang berserakan terutama sampah petasan dan botol minuman," katanya.

Ia mengatakan penyingkiran sampah dari pantai Dok II dilaksanakan pada pukul 07.00 hingga 10.00 WIT.

"Intinya, kebersihan lingkungan harus selalu kita jaga, supaya kita yang tinggal di tempat tersebut dapat merasa nyaman dan yang pastinya sehat," katanya.

Kebersihan, kata dia, suatu hal yang mutlak dipelihara oleh setiap insan guna menciptakan suasana lingkungan yang asri dan nyaman.

"Harapannya ke depan warga Kota Jayapura lebih peduli akan kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Dan aksi bersih-bersih pantai tadi pagi, juga untuk mengajak warga agar usai kegiatan harus peduli dengan lingkunagn sekitar, jangan meninggalkan sampah, karena itu contoh yang kurang baik untuk anak cucu," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024