Jayapura (ANTARA News Papua) - Bupati Puncak Willem Wandik mengatakan warga di wilayahnya sangat terbantu dengan adanya program tol udara karena menyebabkan harga berbagai jenis kebutuhan masyarakat atau bahan pokok relatif murah.

"Masyarakat sangat terbantu dengan adanya program tol udara karena dapat menekan harga berbagai kebutuhan masyarakat," kata Wandik kepada Antara di Jayapura, Sabtu.

Dia mengatakan pelayanan tol udara untuk Kabupaten Puncak dilayani dari Timika sehingga harganya relatif murah dibanding sebelum adanya program tersebut.

Selain menjadi sasaran tol udara, Kabupaten Puncak saat ini juga gencar membuka kesempatan bagi perusahaan yang bergerak dibidang penerbangan untuk melayani rute ke Ilaga.

Akibatnya, setiap hari tercatat sekitar 30 kali penerbangan ke Ilaga khususnya dari Timika yang ditempuh hanya sekitar 15 menit penerbangan, kata Wandik seraya menambahkan, Timika saat ini menjadi kota penyuplai bagi berbagai kebutuhan masyarakat di daerahnya.

Ketika ditanya tentang apakah ada rencana pengembangan bandara Ilaga, Bupati Wandik mengatakan ke depan panjang landasan akan diperpanjang hingga 1.600 meter sehingga nantinya dapat didarati pesawat sejenis ATR.

"Saat ini panjang landasan bandara Ilaga hanya 800 meter sehingga pesawat berbadan kecil yang dapat mendarat seperti cessna, caravan dan twin otter," kata Bupati Wandik.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024