Jayapura (ANTARA) - Tim medis dari Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kementerian Kesehatan Jayapura bergabung bersama tim dari alumni mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen) yang tergabung dalam Perkumpulan Alumni Persekutuan Mahasiswa Kristen (PA-PMK) Uncen guna melayani kesehatan masyarakat tiga kampung terdampak luapan air danau Sentani.

Ketua PA-PMK Uncen, Ayub Nikson Fouw di Jayapura, Minggu, mengatakan, ketiga kampung tersebut yakni Dondai, Simporo dan Babrongko

"Kami membawa tim medis dari Poltekes Kemenkes Jayapura untuk melayani masyarakat di tiga kampung tersebut," katanya.

Tim medis ini kebanyakan perawat, sekitar 10 orang sehingga dibagi ke masing-masing tim yang turun ke tiga kampung terdampak luapan air danau Sentani.

"Tim medis dari Poltekes Kemenkes ini membawa obat-obatan dan peralatan kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan," katanya.

Obat-obatan yang dibawa seperti obat batuk sirup untuk anak, dan obat-obat umum, sedangkan yang menggunakan resep dokter tidak bisa dibawa karena harus menggunakan resep dokter.

"Kami bergerak pada Kamis (22/3), lumayan karena waktu tim datang belum ada bantuan ke tiga kampung itu jadi masyarakat sangat bersyukur sekali dengan pelayanan kesehatan serta bantuan yang dikasih," katanya.

Ayub mengatakan, ketika tim medis ini tiba dengan tim dari PA-PMK Uncen, langsung memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tiga kampung ini.

Pelayanan kesehatan yang dilakukan seperti mengobati masyarakat yang luka-luka, demam, dan penyakit lainnya yang diderita masyarakat korban luapan air danau.


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024