Jayapura (ANTARA) - Manajemen Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura mengapresiasi langkah Gubernur Papua Lukas Enembe atas dukungannya melalui kerja sama dengan Universitas Rhode Island (URI) dalam rencana pembukaan Fakultas Kelautan dan Perikanan di Bumi Cenderawasih.

Rektor Universitas Cenderawasih Apolo Safanpo di Jayapura, Minggu, mengatakan kini pihaknya telah memiliki jurusan ilmu kelautan dan perikanan yang terdiri dari dua program studi.

"Uncen sudah memiliki jurusan ilmu kelautan dan perikanan dan diharapkan dapat dibuka fakultas sehingga kami menyampaikan banyak terima kepada Gubernur Papua Lukas Enembe," katanya.

Senada dengan Apolo Safanpo, Ketua Jurusan Ilmu Kelautan dan Perikanan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Uncen John D. Kalor mengatakan nota kesepaham atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Uncen dan URI telah ditandatangani pada 2017 terkait kerja sama dan pendirian Fakultas Kelautan dan Perikanan.

"Terdapat tiga pokok program dalam kerja sama Rhode Island University USA dan Universitas Cenderawasih Jayapura terkait tridarma perguruan tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat," katanya.

Menurut Jhon, pihaknya mengharapkan agar dengan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi  Papua, Fakultas Kelautan dan Perikanan ini dapat dibuka dalam waktu dekat.

Sebelumnya, Pemprov Papua mendukung kerja sama antara Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura bersama Universitas Rhode Island (URI) untuk membuka fakultas kelautan dan perikanan.

Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan kerja sama Uncen-URI tersebut dipandang tepat karena program studi kemaritiman dan kelautan di Universitas Rhode Island merupakan salah satu dari lima terbaik di dunia.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024