Sorong (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat secara gencar mengembangkan sektor pariwisata, terutama wisata alam dan sejarah, guna meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah itu.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tambrauw, Abraham D.E. Mayor di Sorong, Sabtu, mengatakan bahwa daerah setempat telah ditetapkan sebagai kabupaten konservasi sehingga sektor tersebut terus dikembangkan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dia menyebutkan bahwa potensi sumber daya alam di Tambrauw begitu luar biasa dengan cukup banyak destinasi wisata alam yang dapat dikembangkan menjadi tujuan wisata.

Selain itu, kata dia, banyak peralatan peninggalan Perang Dunia II, baik di dasar laut maupun di darat yang sedang digali potensinya untuk dikembangkan menjadi objek wisata sejarah dunia.

Ia menjelaskan bahwa pengembangan pariwisata di Kabupaten Tambrauw oleh pemerintah daerah setempat tidak dilakukan secara sendiri, akan tetapi melibatkan berbagai pelaku pariwisata, baik yang ada Sorong maupun Raja Ampat.

"Sebab pariwisata tidak akan berkembang jika tidak didukung semua 'stakeholder' (pemangku kepentingan) yang bergerak di bidang pariwisata," ujarnya.

"Kami berharap dengan dukungan 'stekholder' pariwisata, baik yang ada di Sorong maupun Raja Ampat, pariwisata Kabupaten Tambrauw berkembang maju dan menjadi salah satu daerah tujuan wisata dunia," sambungnya.

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024