Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 1.430 pemuda tengah mengikuti seleksi penerimaan calon bintara di lingkungan Kodam XVII Cenderawasih.

Kapendam XVII Cenderawasih Letkol CPL Eko Daryanto di Jayapura, Kamis, mengakui, mereka yang mendaftar itu langsung mengikuti proses seleksi yang terbagi dua tahapan yang seluruhnya dilakukan Rindam XVII Cenderawasih, Ifar Gunung, Sentani.

Tahapan seleksi dalam penerimaan casis SECABA terbagi dua yakni tingkat panitia daerah (panda) dan panitia pusat (panpus).

Penerimaan calon siswa secaba dilakukan dengan sistem gugur sehingga yang diawali dari administrasi, kata Eko seraya menambahkan bagi yang lulus administrasi akan melanjutkan ke test kesehatan dan test kebugaran jasmani.

Karena tingginya animo pemuda yang ingin jadi anggota TNI AD maka mereka dibagi tujuh gelombang dan seleksi dilaksanakan sesuai jadwal.

"Bila tidak lolos dalam seleksi maka mereka tidak bisa mengikuti tahapan berikutnya karena yang lulus nantinya benar-benar pemuda terpilih," ujar Eko.

Ketika ditanya tentang jumlah peserta yang masih melanjutkan test,  ia mengaku belum mendapat laporan terakhir karena proses seleksi masih berlangsung.

"Bila selesai seleksi mereka akan mengikuti pendidikan selama tujuh bulan di Rindam XVII Cenderawasih," ujarnya.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024