Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 1.135 personel Kodam XVII/Cenderawasih naik pangkat setingkat lebih tinggi pada periode 1 Oktober 2019 atau bertepatan dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Upacara laporan korps kenaikan pangkat itu digelar di Aula Tonny A. Rompis, yang dipimpin oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab sebagaimana keterangan tertulis yang diterima  di Kota Jayapura, Selasa malam.

"Dari jumlah tersebut Perwira Menengah yang naik pangkat sebanyak 41 orang, Perwira Pertama 8 orang, Bintara 299 orang, Tamtama 752 orang dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 35 orang," kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

"Selaku pribadi dan atas nama Komando, mengucapkan selamat kepada para personel Kodam XVII/Cenderawasih yang naik pangkat pada 1 Oktober 2019. Semoga kenaikan pangkat ini mampu memberikan motivasi dan inspirasi dalam meningkatkan kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara," katanya.

Kenaikan pangkat, kata dia, merupakan sebuah dinamika organisasi yang mengandung maksud tersendiri dalam kerangka sistem dan kebijaksanaan personel TNI AD, yang diberikan kepada para prajurit yang telah teruji kualitas dan kemampuannya dalam mengemban tugas serta salah satu wujud penghargaan atas prestasi kerja dan jerih payah yang telah dilaksanakan selama ini.

"Pelihara dan kembangkan terus motivasi untuk berprestasi dan selalu ingin mempersembahkan karya terbaik bagi kemajuan TNI Angkatan Darat, bangsa dan negara," katanya.

Ia berpesan agar tiap pribadi prajurit harus menumbuhkan daya inovatif, kreatif dan daya tanggap yang dinamis, dengan dilandasi pemikiran yang berorientasi pada pencapaian tugas pokok secara optimal sesuai aturan yang berlaku.

"Patut diingat, bahwa semakin tinggi pangkat yang disandang seseorang maka semakin tinggi pula tuntutan tanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diemban. Oleh karenanya, saya mengharapkan kepada para prajurit Kodam XVII/Cenderawasih untuk senantiasa meningkatkan kemampuan yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga efektifitas dan optimalisasi pelaksanaan tugas, dapat tercapai dengan baik," katanya.

Pada momentum tersebut, Mayjen TNI Herman Asaribab juga mengucapkan selamat kepada para istri perwira yang ikut mendampingi suami melaksanakan laporan Korps Kenaikan Pangkat, karena keberhasilan yang diraih para prajurit tidak terlepas dari dukungan positif yang diberikan oleh istri kepada suaminya.

"Hal tersebut sekaligus merupakan gambaran keharmonisan dalam rumah tangga, yang memang sudah seharusnya dipegang dan dijadian prinsip oleh setiap prajurit dalam mengarungi kehidupan sampai akhir hayat nanti," katanya.

Turut hadir pada acara tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih, para Asisten, Dansat/Kabalak, dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XVII/Cenderawasih beserta pengurus dan anggota.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024