Mappi (ANTARA) - Sejumlah prajurit TNI dari Satuan Tugas TMMD ke-106 Kodim 1707/Merauke memberikan penyuluhan wawasan kebangsaan kepada warga di Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Provinsi Papua.

Dalam rilis yang diterima Antara Papua, Rabu (16/10), dilaporkan bahwa kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan dilaksanakan di salah satu gereja di Kampung Kogir pada Selasa (15/10).

Materi kegiatan bertajuk ‘Persatuan dan Kesatuan’ itu diberikan Serka Wasudi Dodi, salah seorang anggota Satgas TMMD ke-106 Kodim 1707/Merauke.

Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra selaku Dansatgas TMMD ke-106 menjelaskan kegiatan penyuluhan wawasan kebangsaan merupakan salah satu program non fisik dalam rangkaian kegiatan TMMD di Kampung Kogir, Mappi.

“Penyuluhan wawasan kebangsaan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan serta meningkatkan semangat gotong royong, rela berkorban dan pantang menyerah di kalangan masyarakat,” kata Dandim Merauke.

Letkol Eka juga menjelaskan bahwa kegiatan itu sangat positif bagi masyarakat, terutama memacu semangat warga untuk menghayati dan mengaktualisasikan nasionalisme, sebagaimana termaktub dalam sila-sila Pancasila dan UUD 1945.

“Seperti apa yang telah dilakukan oleh para pahlawan dan pendahulu kita, mereka bisa mengaktualisasikan nilai-nilai luhur kehidupan berbangsa dan bernegara. Mereka dari berbagai daerah bersatu untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia,” katanya.

Ia mengharapkan setelah mendapat pencerahan dari kegiatan penyuluhan itu, warga setempat bisa membangun kerukunan, persatuan dan kesatuan serta kehidupan sosial kemasyarakatan yang lebih baik di Mappi.

“Dengan demikian cita-cita bersama dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Selain program pembangunan yang digulirkan pemerintah dapat berjalan aman dan lancar,” ujarnya. (*/adv)

Pewarta : Emanuel Riberu
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024