Asmat (ANTARA) - Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Asmat, Provinsi Papua, Yustus Kakom memantau pelayanan kesehatan yang digalakkan Puskesmas Yousakor di Distrik Sirets, Kabupaten Asmat, Sabtu (19/20).

Dalam kunjungan kerjanya itu, Asisten I Setda Asmat disambut dokter Puskesmas Yousakor dr Pieter Pajala bersama jajaran tenaga kesehatan serta warga setempat.

Yustus Kakom mengatakan bahwa pelayanan kesehatan kepada warga di Kabupaten Asmat, khususnya dalam wilayah kerja Puskesmas Yousakor perlu ditingkatkan lagi.

“Bila perlu seluruh paramedis yang bertugas di Sirets turun langsung ke lingkungan masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan warga,” kata Yustus.

Ia mengharapkan agar jajaran tenaga kesehatan di Puskesmas Yousakor dapat bersinergi dengan kepala distrik, para kepala kampung serta tokoh masyarakat setempat. Hal ini dimaksudkan agar pelayanan kesehatan berjalan maksimal dan sesuai harapan.

Djelaskan bahwa pemerintah daerah setempat berkonsentrasi meningkatkan pelayanan kesehatan di 224 kampung dan 23 distrik di kabupaten tersebut. Upaya tersebut untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta mencegah terulangnya peristiwa KLB campak dan gizi buruk.

“Kita pernah mengalami KLB pada awal 2018 lalu. Agar pengalaman serupa tidak terulang, pemda benar-benar konsen dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain memantau pelayanan kesehatan di Puskesmas Yousakor, Asisten I Setda Asmat Yustus Kakom juga berkesempatan meninjau bangunan infrastruktur pemerintah seperti kantor distrik, sekolah, perumahan dan kondisi masyarakat setempat.

“Saya harapkan agar warga bisa menjaga dan merawat fasilitas pemerintah yang ada di Sirets dengan baik. Seluruh fasilitas yang disediakan ini semata-mata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata dia. (*/adv)

Pewarta : Emanuel Riberu
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024