Jayapura (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Papua bersama kelompok organisasi kepemudaan (OKP) Cipayung menggelar senam sehat dan donor darah guna menyambut Hari Sumpah Pemuda yang  pada 28 Oktober nanti.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai di Jayapura, Jumat, mengemukakan dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke 91 tahun, kelompok organisasi kepemudaan (OKP) Cipayung di antaranya HMI, PMKRI, GMKI, GMNI, GMII dan beberapa OKP yang lain berinisiatif untuk bekerja sama dengan pihaknya guna melakukan kegiatan kesehatan-kesehatan kebugaran yakni senam sehat.

Menurut Aloysius, kesehatan kebugaran ini menunjukkan bahwa pemuda Indonesia siap, lebih khusus di Provinsi Papua. Selain kesehatan kebugaran, ada juga kegiatan kemanusiaan.

"Mereka menjalin hubungan dengan kami Dinas Kesehatan Papua dan hari ini mereka memulai rangkaian kegiatan yang akan dilakukan beberapa hari ke depan," katanya.

Mentan Direktur RSUD Abepura ini mengatakan pihaknya menyampaikan terima kasih kepada kelompok Cipayung yang punya inisiatif, kreator untuk membantu sesama melalui donor darah yang juga dilakukan hari ini.

Selain itu, kata dia, ada juga kegiatan bakti sosial (baksos) yang akan dilakukan beberapa hari kedepan. Ada sosialisasi-sosialisasi usaha kesehatan sekolah, ataupun juga bisa mendatangi masyarakat-masyarakat yang kurang terlayani misalnya di bidang pendidikan maupun dibidang kesehatan.

"Saya pikir pada saat ini situasi di adudomba oleh anak bangsa karena rasisme, karena agama, ataupun suku dan daerah, saya kira kegiatan-kegiatan seperti ini amat penting untuk mempersatukan anak bangsa yang datang dari berbagai daerah di Jayapura," ujarnya.

Sementara itu, Ketua PMKRI Cabang Jayapura, St Efraim Wakol Yelipele mengatakan pihaknya mengapresiasi kegiatan ini untuk menyadarkan kaum muda di Papua tentang arti hidup sehat.

"Kita sama-sama komitmen kawal pelayanan kesehatan dan terutama mencegah masalah sosial yang mengancam kaum muda Papua saat ini seperti miras, narkoba, ganja dan seks bebas," kata Yalipele.

Momentum itu diikuti oleh staf Dinkes Papua, pengurus dan anggota OKP dan sejumlah siswa SMK Negeri 3 Jayapura dan SMA Negeri 2 Jayapura.


Pewarta : Musa Abubar
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024