Jayapura (ANTARA) - Satuan tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 Kodim 1707/Merauke menggelar penyuluhan kesehatan bagi warga Kampung Kogir, Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi, Papua.

Komandan Kompi (Danki) Satgas TMMD Lettu Inf Antonius Kalambia ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Rabu malam mengatakan penyuluhan kesehatan itu sangat penting diberikan kepada warga di Kampung Kogir agar bisa hidup sehat.

"Jadi, dengan adanya penyuluhan kesehatan seperti itu, saya berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kampung Kogir untuk menjaga kebersihan lingkungan dan diri masing-masing sehingga lingkungan tetap bersih dan masyarakat selalu sehat," katanya.

Antonius mengungkapkan dalam penyuluhan kesehatan tersebut, pihaknya menggandeng petugas kesehatan dari Distrik Minyamur, Kabupaten Mappi.

"Kebersihan merupakan keadaan yang terbebas dari segala macam kotoran termasuk di antaranya sampah, debu dan bau yang tidak sedap," katanya.

Untuk menjaga kebersihan, kata dia, hendaknya dapat diawali dengan sadarnya tiap-tiap individu dalam menjaga kebersihan.

"Untuk merawat lingkungan yang bersih dapat melakukan berbagai tindakan seperti membuang kotoran dan sampah pada tempatnya, hal tersebut bertujuan agar tidak mencemari air dan udara yang menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti diare, penyakit kulit dan gangguan pernafasan," kata Antonius menjelaskan.

Secara terpisah, Kepala petugas kesehatan dari Distrik Minyamur Kabupaten Mappi Darko Amd mengatakan penyuluhan kesehatan itu terkait penyakit TBC.

"Kami menjelaskan soal tanda-tanda awal orang terkena penyakit TBC, yang dapat diketahui dengan batuk yang terus menerus disertai berat badan yang terus menurun dan penyakit TBC merupakan penyakit yang menular," ungkap Darko.

Penyakit TBC, kata dia, dapat menular dengan cepat melalui udara, percikan ludah atau dahak yang dikeluarkan oleh si  penderita serta menggunakan alat makan yang sama.

"Kami juga menjelaskan bagaimana cara yang sederhana untuk pencegahan TBC, yang dapat dilakukan dengan mengenakan masker saat berada di tempat ramai dan pada saat berinteraksi dengan penderita TBC," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024