Jayapura (ANTARA) - Ketua KPU Papua Theodorus Kossay mengatakan, 11 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada di 2020 sudah menandatangani naskah perjanjian hibah daerah (NPHD ).

Besarnya dana yang dialokasikan di setiap kabupaten yang akan melaksanakan pilkada berbeda tergantung kemampuan pemda.

"Walaupun sudah ditanda tangani NPHD-nya, namun dana yang diserahkan untuk termin pertama ke rekening KPU di 11 kabupaten tidak sesuai ketentuan yang seharusnya 40 persen," kata Kossay kepada Antara di Jayapura, Jumat.

Ia mengatakan walaupun dana yang disalurkan ke rekening KPU di 11 kabupaten yang akan melaksanakan pilkada tidak sesuai tahapan namun agenda kegiatan tetap dilaksanakan.

Ada beberapa daerah yang sudah launching pilkada seperti Merauke, Boven Digoel, dan Yahukimo, dan akan melanjutkan ke tahapan berikutnya seperti sosialisasi dan lainnya.

KPU Papua terus memantau kegiatan yang dilakukan KPU di 11 kabupaten mengingat penceblosan baru akan dilakukan 23 September 2020.

“Waktu pencoblosan memang masih lama namun berbagai tahapan masih harus dikerjakan dan dipersiapkan kpu di 11 kabupaten di Papua,“ ujar Theodorus Kossay.

11 Kabupaten yang akan melaksanakan pilkada yaitu Kabupaten Waropen, Merauke, Boven Digoel, Keerom, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Asmat, Nabire, Mamberamo Raya, Supiori dan Kabupaten Yalimo.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024