Jayapura (ANTARA) - Dua unit rumah yang berlokasi di jalan Merak, belakang kantor Dinas Kesehatan, Distrik Abepura, Jayapura, Papua, ludes terbakar, Selasa (26/11).

Insiden yang terjadi sekitar pukul pukul 06.50 WIT itu berawal saat Endang Sejati (35) sedang memasak air menggunakan kompor, kemudian memindahkan panci yang berisi air ke meja dan mematikan kompor.

Saat mematikan kompor tersebut namun tidak kunjung mati sehingga saudari Endang berinisiatif memadamkan api menggunakan air akan tetapi tiba-tiba api menjalar dari kompor hingga mengenai dinding rumah yang terbuat dari kayu mengakibatkan terjadinya kebakaran.

Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, kepada Antara di Jayapura, mengatakan kebakaran itu diduga karena kelalaian salah satu warga yang sedang memasak air, saat ingin memadamkan api menggunakan air yang mengakibatkan api tambah besar dan mengenai dinding rumah yang terbuat dari kayu.

Api baru bisa dipadamkan satu jam setelah satu unit water canon dibantu empat unit pemadam kebakaran dikerahkan, kata Urbinas seraya menambahkan kerugian diperkirakan mencapai Rp 500 juta.

"Walaupun dugaan penyebab kebakaran diduga dari kelalaian pemilik rumah namun anggota dari Polsek Abepura tetap diturunkan untuk melakukan olah TKP," kata AKBP Urbinas.

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024