Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua memastikan moda transportasi darat, laut dan udara menjelang libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di wilayah itu telah siap.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw kepada ANTARA di Jayapura, Selasa, mengatakan melihat situasi dan kondisi di tahun sebelumnya, maka bisa dipastikan pada 2019 ini tidak ada masalah.

"Namun, kami tetap memikirkan langkah-langkah antisipasi jika terjadi lonjakan penumpang misalnya pada angkutan udara," katanya.

Menurut Mathius, pasalnya, khusus untuk Kabupaten Jayapura merupakan lokasi dari Bandar Udara Sentani yang merupakan salah satu tempat paling terdampak jika ada lonjakan penumpang di hari raya seperti Natal dan Tahun Baru.

"Sedangkan untuk infrastruktur jalan dan jembatan yang akan digunakan sangat membutuhkan kolaborasi antara pusat serta daerah," ujarnya.

Dia menjelaskan terkadang kolaborasi ini tidak terintegrasi dengan baik sehingga kebutuhan daerah tidak terpenuhi sebagaimana mestinya.

"Ini sebenarnya yang harus diluruskan dengan baik agar perencanaannya dapat terintegrasi sebagaimana mestinya," katanya lagi.

Dia menambahkan pihaknya berharap jika kolarasi terintegrasi ini berjalan sebagaimana mestinya maka apa yang dibutuhkan masyarakat dapat dipenuhi secara baik.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Anwar Maga
Copyright © ANTARA 2024