Timika (ANTARA) - Ketua DPRD Mimika, Papua, Robby Kamaniel Omaleng meminta dukungan seluruh warga di wilayah ini, agar lembaga legislatif yang dipimpinnya bisa lebih maksimal dalam memperjuangkan aspirasi rakyat.

"Terima kasih kepada seluruh rakyat Mimika atas kepercayaan yang diberikan kepada kami, baik sebagai anggota dewan maupun pimpinan dewan. Mari bersatu padu membawa aspirasi rakyat dan bersinergi dengan pemda, membangun komunikasi dan koordinasi dengan baik, karena harapan warga Mimika ada di pundak kita," kata Robby Omaleng, di Timika, Kamis.

Robby yang merupakan wakil rakyat dari Partai Golkar dipercayakan sebagai Ketua DPRD Mimika periode 2019-2024. Ia didampingi dua wakil ketua, yaitu Aleks Tsenawatme dari Partai NasDem dan Yohanes Felix Helyanan dari PDI-Perjuangan.

Robby mengatakan 35 wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Mimika hasil Pemilu 2019 tidak saja dituntut untuk memperjuangkan aspirasi rakyat, tetapi juga harus mampu bersinergi secara harmonis dengan Pemkab Mimika dan jajarannya.

Pada periode sebelumnya, koordinasi dan sinergi antara DPRD dengan Pemkab Mimika kurang berjalan bagus. Bahkan lembaga DPRD Mimika periode 2014-2019 pernah vakum lebih dari satu tahun lantaran KPU Mimika menerbitkan beberapa surat keputusan penetapan caleg terpilih Pemilu 2014 yang berujung pada sengketa di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jayapura.

"Mari kita bersama menyukseskan program pembangunan yang akan berdampak pada upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat Mimika, secara khusus masyarakat Papua," ujar Robby.

Bupati Mimika Eltinus Omaleng meminta kalangan dewan dapat mengemban tugas dan amanat yang dipercayakan oleh rakyat untuk bersama-sama Pemkab Mimika menuntaskan berbagai persoalan di tengah masyarakat.

Tahun ini, katanya, Mimika mendapat kepercayaan untuk menyelenggarakan dua agenda besar yaitu Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) XIII se-Tanah Papua (diikuti 42 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat) pada bulan Juni serta menjadi salah satu tuan rumah penyelenggara PON XX Papua pada Oktober-November 2020.

"Mari satukan langkah dalam visi-misi membangun Mimika sebagaimana yang diharapkan seluruh masyarakat yaitu membangun Mimika yang aman, damai dan sejahtera. Saya berharap kerja sama di antara kita selalu terjalin dengan baik, sehingga lima tahun ke depan selalu tercipta sinergi guna tercipta kesejahteraan masyarakat Mimika," kata Eltinus Omaleng yang masih merupakan kerabat dekat Robby Omaleng.

Tiga pimpinan definitif DPRD Mimika dilantik dan diambil sumpah/janji yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Timika Ida Bagus Bamadewa Patiputra SH pada Rabu (26/2).

Pewarta : Evarianus Supar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024