Jayapura (ANTARA) - Prajurit TNI Satuan Tugas Batalyon Infanteri 754/ENK  mengobati dua warga sakit di pedalaman pelosok Kampung Rotea, Distrik Bonggo Barat Kabupaten Sarmi,Papua yang sakit Leonard dan  Obert, Kamis (5/3)

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto  dalam keterangan tertulis, menjelaskan  pelayanan kesehatan  dilakukan anggota Satgas Yonif 754/ENK di Distrik Bonggo Barat untuk membantu warga kampung Rotea yang terluka tidak kunjung sembuh yakni 

Mendengar informasi tersebut, menurut Kapendam , anggota Satgas Yonif 754/ENK yang dipimpin Serka Mislan Sarif bersama 5 anggota Pos dan 1 anggota Kesehatan Pos melaksanakan patroli dan memberikan pengobatan kepada masyarakat di Distrik Bonggo Barat dengan berjalan menempuh jarak 15 Km dari Pos Satgas.

Sementara itu,  anggota  Serka Mislan Sarif menerangkan saat anggota Satgas Yonif 754/ENK tiba di kampung tersebut, 1 anggota Kesehatan langsung menemui warga yang sakit Leonard Uduas yang mengalami luka robek di pelipisnya akibat kecelakaan beberapa waktu yang lalu.

“Melihat luka yang tak diobati dan dibiarkan begitu saja, anggota Kesehatan satgas langsung mengambil tindakan untuk segera mengobati Leonard agar keadaannya menjadi lebih baik dan bisa segera sembuh,”kata Serka Mislan.

Setelah mengobati Leonard, anggota kesehatan kembali mencari seorang anak bernama Obert Bitbit yang juga mengalami hal serupa.

Melihat Obert yang sedang bermain dan kakinya masih terpincang-pincang anggota kesehatan satgas memanggilnya untuk segera di obati.

Luka anak Obert ini didapat saat dia membantu orang tuanya di kebun dan terkena kayu yang tajam sehingga membuatnya terluka.

" Keterbatasan tenaga medis dan jarak yang lumayan jauh untuk puskesmas luka anak Obert tak pernah di obati oleh siapapun,”tambah Serka Mislan

Setelah mendapat pengobatan dari anggota Kesehatan Satgas, lanjutnya, kondisi sakit  dua warga Obert dan Leonard kesehatannya mulai membaik.

 Leonard Uduas yang juga kepala kampung Rotea mengungkapkan, ia merasa tertolong atas kebaikan hati dari prajurit TNI yang sengaja datang untuk membantu mengobati warga yang sakit.

"Terima kasih prajurit TNI AD telah memberikan pelayanan kesehatan kepada warga yang sakit bermukim di pelosok kampung,"ungkap Leonard.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024