Jayapura (ANTARA) - Pancasila sebagai Ideologi negara (staatsidee) yang merupakan dasar negara atau sering disebut juga dengan dasar falsafah negara ( philosophische grondslag) dan pandangan hidup bangsa Indonesia yang harus terus dijaga dan di amalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Korem 172/Praja Wira Yakthi dalam rangka memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2020, menggelar dialog interaktif yang disiarkan langsung On Air di RRI Jayapura dengan mengangkat tema “Papua Pancasila Dalam Bingkai NKRI” yang dilaksanakan di Korem 172/PWY Padangbulan Abepura, Jumat (29/5).

Kegiatan dialog dilaksanakan dengan tetap memperhatikan tentang protokol kesehatan COVID-19.

Dialog interaktif digelar dengan tujuan untuk mensosialisasikan nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat, sesuai dengan tema yang di angkat.

“Tentunya sesuai dengan arahan Pangdam XVII/Cenderawasih, kita on air di RRI Jayapura supaya masyarakat dapat lebih memahami nilai-nilai Pancasila dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, karena Pancasila merupakan Ideologi yang sudah sesuai dengan,  kepribadian bangsa kita khususnya di Papua ini,"ungkap Danrem.

Musyawarah untuk mufakat adalah salah satu nilai yang terkandung dalam sila Pancasila, yang tentunya sudah sangat sesuai dengan adat dan budaya yang ada di Papua.

Kita tahu bahwa Obey atau yang kita kenal sebagai pendopo di Jawa, adalah merupakan tempat yang di gunakan untuk musyawarah oleh masyarakat adat di Jayapura dalam menyelesaikan permasalahan, sehingga dapat mencapai mufakat bersama.

Narasumber yang hadir dalam dialog tokoh masyarakat dan tokoh adat  Herman Yoku, anggota MRP (Majelis Rakyat Papua) dan tokoh pemuda ketua DPD Pemuda Mandala Trikora Provinsi Papua  Ali Kibay Wanggai.

Sedangkan dari Korem 172/PWY hadir Kasiter Korem Letkol Inf Daniel P. Manalu, Kapenrem 172 Mayor Chk Eka Yudha Kurniawan, dan Kapten Kav Roland Junaidi.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024