Jayapura (ANTARA) - Kapolres Yahukimo AKBP Angling Guntoro menyarankan agar sosialisasi kebijakan normal baru dalam menghadapi pandemi virus corona (COVID-19) di Kabupaten Yahukimo perlu ditingkatkan sehingga warga dapat melaksanakan protokol kesehatan dalam keseharian.

Kapolres Yahukimo AKBP Angling  Guntoro dalam rapat evaluasi pelaksanaan tugas Tim Gugus Tugas COVID-19 di Kantor Bupati Yahukimo, Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua, Rabu pagi. 

"Terkait penerapan normal baru di Yahukimo perlu dilakukan sosialisasi secara luas dan mendalam, serta juga kesepakatan dari seluruh pihak," katanya.

Penerapan normal baru atau New Normal pasti akan terjadi pro-kontra, oleh karena itu perlu dilakukan sosialiasi yang baik terhadap seluruh elemen masyarakat tentang hal itu serta protokol kesehatan yang harus dilakukan.

"Karena dikhawatirkan dengan kurangnya pemahaman akan memunculkan masalah baru di masyarakat," kata AKBP Angling Guntoro.

Rapat evaluasi itu turut hadir Dandim 1715/Yahukimo Letkol Arm Eko Budi Supriyatno, Plh Sekda Kabupaten Yahukimo Elai Giban, Asisten III Arown Wanimbo, Kepala Dinas Kesehatan Suhayatno, Kepala Bandara Nop Goliat Dekai Setyani Mahendra dan Ketua PGGY Atias Matuan, serta para stakeholder dan tokoh masyarakat.

Sementara itu, Dandim 1715/Yahukimo Letkol Arm Eko Budi Supriyatno meminta kepada seluruh tim gugus tugas COVID-19 untuk berkoordinasi dan saling bekerjasama sehingga pelaksanan tugas dapat berjalan dengan baik.

"Secara inti bahwa hasil dari rapat tersebut bahwa perlunya koordinasi yang baik terkait pelaksanaan tugas Tim Gugus COVID-19, lalu penerbangan untuk penumpang masih dibatasi, hanya pesawat kargo yang diijinkan beroperasi," kata Letkol Arm Eko Budi.

Sedangkan, Plh Sekda Kabupaten Yahukimo Elai Giban mengakui bahwa tujuan rapat itu untuk menindak lanjuti kebijakan normal baru yang akan diberlakukan di daerah itu.

"Serta terkait penerbangan keluar masuknya penumpang maupun kargo atau barang yang masuk ke Dekai baik melalui Udara dan pelabuhan sungai Logpond, ini yang perlu dibahas dan disepakati bersama," katanya.

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024