Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memimpin upacara pelantikan dan serah terima lima Kapolres, Kabidkeus dan Kayanma di aula Rastra Samara, Mapolda, Kota Jayapura, Papua, Jumat siang.

Adapaun lima kapolres yang dilantik dan serahterima jabatan itu yakni AKBP Mada Indra Laksana yang sebelumnya menjabat Kapolres Biak Numfor Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Wadir Intelkam Polda Kalimantan Timur dan digantikan oleh AKBP Murjatmo Edi yang sebelumnya menjabat Kapolres Lanny Jaya Polda Papua.

AKBP Daniel T Prionggo yang sebelumnya menjabat Kabagkerma Roops Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Lanny Jaya. AKBP Michael Mumbunan yang sebelumnya Kapolres Pegunungan Bintang Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Wadir Polairud Polda Papua, ia digantikan AKBP Ferdyan Indra Fahmi yang sebelumnya Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Papua.

AKBP Angling Guntoro yang sebelumnya Kapolres Yahukimo menduduki jabatan baru sebagai Wadir Intelkam Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Danden Gegana Satuan Brimob Polda Papua.

AKBP Alexander Louw yang sebelum menjabat sebagai Kapolres Mamberamo Raya digantikan AKBP Hotman Hutabarat yang sebelumnya menjabat Kasubdit Binsatpam/Polsus Dit Binmas Polda Papua.

Selanjutnya, AKBP Widianto Wahyu Nugroho yang sebelumnya menjabat Irbid Itwasda Polda NTB mendapat jabatan baru sebagai Kabidkeu Polda Papua mengantikan Kombes Pol Juhana Zulfan. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Papua AKBP Gustaf F Funay menduduki jabatan baru sebagai Kayanma Polda Papua.

"Serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah merupakan momentum penting sebagai upaya memenuhi kebutuhan organisasi, serta sebuah proses manajemen guna melakukan penyegaran dan regenerasi dalam memenuhi tuntutan tugas institusi, dimana tugas kita ke depan akan semakin kompleks dan dinamis," kata Irjen Paulus Waterpauw.

Mantan Kapolda Papua Barat dan Sumatera Utara itu mengingatkan jajarannya dalam melakukan pengecekan pendistribusian bantuan dari pemerintah kepada masyarakat terkait dampak COVID-19, baik bantuan dalam bentuk uang tunai maupun sembako.

"Perbanyak patroli di malam hari terkait pembatasan aktifitas masyarakat yang akan berdampak sepinya di jalan-jalan dan di pertokoan yang akan mengakibatkan meningkatnya kasus pencurian. Serta berbagai ancaman yang berpotensi akan mengganggu situasi Kamtibmas di Papua," katanya.

Antisipasi penyebaran COVID-19 dengan mempedomani maklumat Kapolri dan protokol kesehatan, mengingat jumlah orang tanpa gejala (OTG) dan pasien dalam pengawasan (PDP) yang terus meningkat di Provinsi Papua. Sosialisasikan kepada anggota dan masyarakat tentang normal baru, agar masyarakat mengetahui dan memahami apabila nanti di wilayah kita diberlakukan kebijakan tersebut.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024