Jayapura (ANTARA) - Tokoh agama di Papua Pendeta Lenis Kogoya mengapresiasi bakti sosial dari keluarga besar alumni Akpol 91 Batalyon Bhara Daksa yang memberikan bantuan sembako dan alat modal usaha kepada anak yatim piatu, panti asuhan, adat, pemuda dan perempuan di Sentani Kabupaten Jayapura.

"Terima kasih kepada alumni Akpol angkatan 1991 yang telah memberikan bantuan sembako kepada anak yatim dan bantuan modal usaha kepada kami di Kabupaten Jayapura di tengah pandemi virus corona," kata Pdt Lenis dari Gereja Injili di Indonesia di Jayapura, Rabu.

Ia berharap apa yang dilakukan oleh alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa menjadi pemicu bagi pihak lain untuk melakukan hal yang sama, tentunya kepada warga yang sama sekali belum menerima bantuan dari pemerintah.

"Sekali lagi, saya atas nama masyarakat dan tokoh agama menyampaikan banyak terima kasih kepada angkatan 1991 Batalyon Bhara Daksa.

"Harapan saya ke depan biar mereka (Akkpol 1991) tetap kokoh dalam melayani masyarakat di tengah-tengah tantangan dan masalah yang luar biasa terutama di tanah Papua yang terkenal dengan keras tetapi dengan kekompakan kebersamaan mereka pasti melayani pekerjaan dengan baik, sekali lagi doa kami tetap menyertai bapak-bapak angkatan 1991 Tuhan memberkati," kata Lenis.

Sehari sebelumnya, alumni Akpol 1991 yang dipimpin oleh Irwasda Polda Papua Kombes Pol Patrige Renwarin menggelar bakti sosial di aula Obhe Ready May Mapolres Jayapura di Doyo Baru Kabupaten Jayapura.

Bakti sosial ini selain dihadiri oleh Kombes Pol Petrus Patrige Rudolf Renwarin nampak hadir Karo Ops Polda Papua Kombes Pol Gatot Hariwibowo dan Ketua Bhayangkari Daerah Polda Papua yang diwakili oleh Ny Nova Patrige.

Kemudian, Kapolres Jayapura diwakili oleh Waka Polres Jayapura Kompol Zet Salino, Kabag Ops Polres Jayapura AKP Deddy Puhiri, Kasat Binmas Polres Jayapura AKP Sutardi, Kasat Intelkam Polres Jayapura Iptu Chedor L. Ansaka, Pdt Lenis Kogoya dan anak-anak yatim piatu serta dari pondok pesantren, tokoh masyarakat, adat, pemuda, tokoh agama yang ada di Kabupaten Jayapura.

Kombes Pol Gatot Hariwibowo mengatakan alumni Akpol 1991 Batalyon Bhara Daksa pada 27 juli 1991 (29 tahun) yang lalu dilantik menjadi perwira polisi, sehingga untuk memperingati HUT tersebut digelar bakti sosial secara serentak di seluruh Indonesia.

"Kami menyadari bahwa dalam situasi virus corona sebagaimana kita ketahui telah berdampak pada menurunnya tingkat kesehatan dan perekonomian di seluruh dunia serta sangat mempengaruhi tatanan kehidupan bangsa dan negara. Kami memahami kesulitan dan beratnya beban yang warga rasakan dan berangkat dari situasi tersebut maka kami berinisiatif untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial sekaligus memperingati HUT alumni Akpol 1991 batalyon Bhara Daksa ke-29," katanya.

Baksos kali ini, kata dia, adalah bukti kepedulian para alumni Akpol 1991 terhadap masyarakat Indonesia, terutama di Papua dan khususnya di Kabupaten Jayapura.

"Kami menggelar kegiatan baksos ini secara serentak di seluruh daerah Indonesia. Adapun bentuk kegiatan baksos ini berupa pemberian sembako serta pemberian bantuan alat modal usaha. Kami berharap bantuan yang tidak seberapa ini bisa membantu meringankan beban warga semua serta berharap bisa memajukan usaha yang telah berjalan," katanya.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024