Jayapura (ANTARA) - Warga di ibu kota Provinsi Papua, Kota Jayapura diimbau memasang umbul-umbul dan bendera Merah Putih guna meyambut dan memeriahkan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI.

"Kepada seluruh masyarakat Kota Jayapura, pengelola mal dan supermarket untuk menancap dan menghiasi Kota Jayapura dengan umbul-umbul dan lampu warna warni serta kibarkan bendera Merah Putih sepanjang jalan, hingga batas kota dan batas negara," kata Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano di Kota Jayapura, Papua, Sabtu.

Ia mengungkapkan pada Jumat pekan ini bersama sejumlah Muspida Kota Jayapura telah melaksanakan apel kebersihan yang dipusatkan di Skouw, Distrik Muara Tami dengan melibatkan personel TNI dan Polri.

"Di Skouw, kami melakukan pembersihan, menanam pohon dan juga memasang bendera Merah Putih di wilayah perbatasan RI-PNG," katanya.

Tapi sebelum kegiatan, dilakukan penyerahan alat kebersihan kepada perwakilan ASN, TNI-Polri oleh Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R Urbinas kemudian melakukan bersih-bersih dan pemasangan bendera Merah Putih dan menanam pohon di seputaran wilayah Skouw.

"Saya sejak lima tahun pertama menjadi Wali Kota Jayapura, merayakan HUT Kemerdekaan RI di batas negara ini dan dari sinilah kita kumandangkan bahwa Papua bagian dari NKRI. Dari situ saya ingin memberi tahu kepada negara-negara Pasifik bahwa Papua adalah bagian wilayah NKRI," katanya.

Benhur Tomi Mano menambahkan dalam apel kebersihan itu turut hadir Wakil Walikota Rustan Saru, Dansatgas Pantas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 413/Brm Mayor Inf Anggun Wuriyanto, Sekda Kota Jayapura Frans Pekey.

Selain itu Komandan KRI Teluk Handing 538 Letkol Laut (P) Roni, Kepala Administrator PLBN Provinsi Yan Numberi, Kepala Perbatasan Kota Jayapura Matius Pawara, Kapolsubsektor Skouw Iptu Kasrun dan para OPD tingkat Kota Jayapura.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024