Jayapura (ANTARA) - Personel gabungan TNI dan Polri di Kabupaten Tolikara, Papua, Sabtu pagi melaksanakan kerja bakti membersihkan lapangan Merah Putih Karubaga, di Kabupaten Tolikara.

Kepala Polres Tolikara, AKBP Leonard Akobiarek, ketika dihubungi dari Jayapura, Sabtu petang, mengatakan, dia memimpin langsung aksi bersih-bersih tersebut.

"Lapangan Merah Putih Karubaga merupakan tempat yang biasanya dilaksanakannya upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk setiap tahunnya, sehingga perlu dibersihkan meskipun nanti belum bisa digunakan saat HUT RI nanti," katanya

Menurut dia, pada tahun ini belum bisa melaksanakan upacara peringatan Proklamasi dikarenakan pandemi virus corona atau COVID-19 yang masih melanda Bumi Pertiwi, tentunya lapangan Merah Putih harus dirawat dan dijaga secara baik.

"Maka dari itu saya sebagai kepala Polres Tolikara yang dibantu Pabung Satgas Ter Tolikara, Danramil serta Danpos 751 Karubaga tadi melaksanakan kerja bakti membersihkan tribun lapangan Merah Putih dari rerumputan serta sampah yang berserakan yang sekaligus melakukan pengecetan warna merah putih pada tribun agar terlihat indah dan bersih," katanya.

Peringatan kemerdekaan Indonesia pada tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya tetapi semangat Kemerdekaan tidak boleh pudar ataupun hilang ditelan COVID-19.

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tolikara untuk selalu bersinergi mengibarkan bendera Merah Putih di setiap rumah serta didepan tempat usaha sebagai wujud nasionalisme kita dalam mengenang jasa para pahlawan atau pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di masa penjajahan dahulu," katanya.
 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024