Jayapura (ANTARA) - Kodam XVII Cenderawasih menggelar kejuaraan Piala Pangdam XVII/Cenderawasih untuk kelompok usia 12-14 tahun dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Republik Indonesia tahun 2020 serta bertujuan untuk mencari pemain muda berbakat Papua.

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab membuka resmi kejuaraan sepak bola usia 12-14 tahun yang berlangsung di lapangan Frans Kaisiepo Makodam XVII/Cenderawasih, Senin.

Kejuaraan sepak bola Piala Pangdam, menurut Kasdam XVII Brigjen TNI Bambang Trisnohadi, selain dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI juga sebagai ajang mencari bibit sepak bola di tanah Papua.

"Karena kita ingin mempertahankan ikon Papua sebagai gudang atlet khususnya sepak bola,” kata Kasdam Brigjen TNI Bambang.

Brigjen TNI Bambang menyampaikan, Pangdam Cup ini merupakan kegiatan tahunan yang sudah sering dilaksanakan.

Bahkan melalui ajang ini Pangdam XVII/ Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, lanjut Brigjen Bambang Trisnohadi, berencana untuk mendirikan sekolah sepak bola setingkat SMA.

“Kita sudah menandatangani kerja sama dengan Kabupaten Jayapura untuk segera direalisasikan sekolah sepak bola yang akan dibangun di sekitar Kota Sentani. Pangdam dulunya adalah atlet sepak bola sehingga sangat memberikan atensi soal ini,”ujarnya.

Kasdam mengatakan, rencana pembangunan sekolah sepak bola diharapkan dapat direalisasikan secepat mungkin pada tahun 2021

Kejuaraan Pangdam Cup 2020 diikuti 10 klub sepak bola di Jayapura memperebutkan piala bergilir dan uang pembinaan sebesar Rp 30 juta untuk juara, Rp 25 juta untuk peringkat kedua dan Rp 20 juta untuk peringkat ketiga.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024