Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani menggunakan kebaya jingga dalam Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden di Ruang Sidang Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Puan tampak anggun mengenakan kebaya tersebut, dipadukan bawahan kain berwarna cokelat dan masker berwarna senada.

Puan menyampaikan pidato dalam sidang tersebut, yang di antaranya mengenai dorongan pada pemerintah untuk meningkatkan penanganan pandemik COVID-19.

Perempuan pertama yang menjadi Ketua DPR RI itu tiba di Gedung Nusantara, Kompleks Gedung DPR, sekitar pukul 08.10 WIB. Puan tiba berbarengan dengan Ketua DPD RI La Nyalla Mattalitti.

Tak lama setelah kedatangan Puan, Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tiba, lalu kemudian Presiden Joko Widodo yang mengenakan pakaian adat Sabu, NTT, dan masker berwarna hitam. Kedatangan Jokowi-Ma'ruf disambut para pimpinan DPR.

Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR-DPD dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19.

Sejumlah tokoh diketahui hadir dalam sidang tahunan tersebut di antaranya secara virtual Presiden Kelima Megawati Soekarnoputri, Presiden Keenam Susilo Bambang Yudhoyono, Wakil Presiden Keenam RI Try Sutrisno, Wakil Presiden Sembilan RI Hamzah Haz, dan Wakil Presiden Kesebelas RI Budiono.

Sidang juga dihadiri secara fisik oleh sejumlah menteri di jajaran kabinet Indonesia Maju.
 

Mulai dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, dan para menteri lainnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga hadir mengenakan seragam PDL warna biru.

Sementara selain Puan dan La Nyalla, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo juga tampak mewakili dari tuan rumah di Ruang Sidang.

Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hadir secara fisik.

Sidang tahunan kali ini dilaksanakan di tengah pandemik COVID-19, sehingga pelaksanaan sidang tahunan ini dibatasi.

Dari 575 anggota DPR/MPR, hanya sekitar 176 orang yang menghadiri sidang tersebut. Sisanya, para peserta mengikuti sidang secara virtual baik melalui aplikasi Zoom maupun siaran langsung televisi atau kanal YouTube.
 


Pewarta : Abdu Faisal
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024