Jayapura (ANTARA) - Seorang pria bernisial S yang mengaku sebagai anggota  Kopassus gadungan ditangkap prajurit Kodam XVII/Cenderawasih di perumahan Graha Youtefa Kota Jayapura.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur Patria dalam keteragangn tertulis di Jayapura, menerangkan bahwa kejadian penangkapan tersebut bermula ketika Kapten Inf Hery Setyawan mendapat laporan dari El Arsy warga Perumahan Graha Youtefa Blok C No. 38 Waena bahwa ada seorang masyarakat yang mengaku dirinya sebagai anggota TNI-AD berpangkat Lettu (Kopassus).

Mendengar pengakuan warga itu, menurut Kapendam, anggota Kodam XVII/Cenderawasih Kapten Inf Hery Setyawan dan Sertu Aditya Syahputra melakukan koordinasi dengan Kasi Iidik Pomdam XVII/Cenderawasih Kapten CPM ID G. Alit P terkait informasi yang didapat.

Selanjutnya Kasi Iidik Pomdam XVII/Cenderawasih memerintahkan anggota Pomdam XVII/Cenderawasih untuk mendampingi Kapten inf Hery dan Sertu Aditya menuju ke lokasi tersebut.

Saat di lokasi pada Senin (10/8) yaitu di Perumahan Graha Yotefa Blok C No. 38 Waena, Kapten Inf Hery bersama Sertu Aditya dan anggota Pomdam XVII/Cenderawasih menemui orang yang mengaku dirinya sebagai anggota TNI.

Saat diminta identitasnya sebagai anggota TNI,lanjut Kapendam, orang tersebut tidak bisa menunjukkan identitasnya sebagai prajurit TNI sehingga pelaku S dibawa ke Mako Pomdam XVII/Cenderawasih untuk dimintai keterangan.

Dari hasil penangkapan tersebut, menurut Kapendam, didapati barang bukti berupa selongsong amunisi hampa Kal. 5,56 mm sebanyak 31 butir, pistol jenis Air Sofgun sebanyak 2 pucuk, Hp Vivo warna silver satu buah, Hp Samsung satu  buah, Tas Noken warna Loreng dan warna merah putih 2 buah, Kartu Tanda Anggota BIN 1 buah.

"Setelah dimintai keterangan orang tersebut langsung diserahkan ke Polres jayapura untuk diproses lebih lanjut,"ungkap Kapendam XVII/Cederawasih Letkol Arm Reza Nur Patria dalam keterangan tertulis.
 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024