Jayapura (ANTARA) - Komunitas otomotif dalam memperingati hari ulang tahun Kemerdekaan RI ke 75 melaksanakan napak tilas kemerdekaan dengan mendatangi kawasan bersejarah yang ada di Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura. 

Koordinator napak tilas kemerdekaan Irham Wida Perwira kepada Antara di Jayapura, Jumat mengaku, kegiatan yang akan dilaksanakan Sabtu (15/8) bertujuan untuk meningkatkan jiwa patriotisme di kalangan pemuda dengan melihat langsung situs sejarah. 
 
"Napak silas yang akan tetap mengedepankan protokol kesehatan di era pandemi COVI-19 dengan mewajibkan setiap peserta menggunakan masker dan membawa hand sanitazer, ya itu gratis,"katanya.
 
Peserta hanya diwajibkan menggunakan masker, membawa hand sanitizer, bendera Merah Putih dan tumbler untuk air minum. 

Selama kegiatan berlangsung, lanjutnya, akan diwarnai dengan kerja bakti di sekitar lokasi yang dikunjungi, kata Irham yang mengaku ide ini muncul dari rekan-rekannya yang senang menjelajah dengan menggunakan vespa. 
 
Namun dalam diskusi terus berkembang dan diikuti penggemar otomotif lainnya sehingga disepakati untuk melakukan napak tilas guna menumbuhkan semangat patriotisme dikalangan pemuda, kata Irham. 

Adapun lokasi yang akan didatangi diawali dari tugu Yos Sudarso yang terletak ditengah kota Jayapura, kemudian tugu Pepera, monumen pendaratan sekutu, makam pahlawan nasional asal Papua Marthen Indey dan berakhir di tugu Mac Arthur. 
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024