Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 40 Bhabinkamtibmas Polres Jayapura dan Babinsa dari Korem 172/PWY ikuti in house training atau peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) bagi tenaga pengajar keaksaraan dasar di aula Obhe Ray May Mapolres Jayapura, Doyo, Kabupaten Jayapura, Papua.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Minggu, mengatakan kegiatan itu melibatkan Tim Pamong Belajar Paud dan Dikmas Provinsi Papua sebagai pengajar atau mentor.

"Kegiatan peningkatan kompetisi SDM bagi tenaga pengajar jeaksaran dasar pada Babinkamtibmas Polres Jayapura dan Babinsa 172/PWY tahun 2020 tentunya diharapkan dapat meningkatkan kompetensi SDM TNI-Polri dalam pengelolaan pembelajaran pendidikan keaksaraan dasar dalam meningkatkan pemahaman tentang regulasi-regulasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan keaksaraan dasar di Papua khususnya di Kabupaten Jayapura," katanya.

Ia berharap materi yang didapat selama pelatihan kiranya mampu diaplikasikan terhadap masyarakat buta aksara di kampung binaan masing-masing.

Selain itu, kata dia, perlunya meningkatkan sinergitas antara Babinkamtibmas Polres Jayapura dan Babinsa 172/PWY di wilayah masing-masing agar pembelajaran pendidikan keaksaraan dapat berjalan sesuai dengan yang harapkan sehingga kedepannya.

"Sehingga peran Babinkamtibmas Polres Jayapura maupun Babinsa 172/PWY dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih terarah," katanya.

Mantan Kapolres Mimika itu menambahkan untuk materi yang diberikan kepada puluhan Bhabinkamtibmas dan Babinsa itu di antaranya tentang pendidikan karakter modal dasar pembangunan bangsa dan teknik pengenalan keaksaraan.

"Harapannya setelah mereka ikuti ini bisa langsung aplikasikan ditengah warga binaannya sehingga bisa kurangi buta aksara," katanya.

 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024