Jayapura (ANTARA) - Pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Mamberamo Raya, Kristian Wanimbo dan Yonas Tasti, berkomitmen menerapkan protokol kesehatan saat melakukan kampanye guna memutus rantai penyebaran COVID-19.

Paslon Wakil Bupati Mamberamo Raya, Yonas Tasti di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya telah memasuki tahapan kampanye di tingkat distrik. Untuk itu dalam pelaksanaannya, mereka berkomitmen akan melakukan kampanye sesuai dengan aturan yang dikeluarkan oleh KPU Mamberamo Raya, yakni terkait penerapan protokol kesehatan.

"Tentunya kami akan tetap patuhi aturan protokol kesehatan dalam kampanye di tingkat distrik, yang mana kami akan menyediakan masker untuk masyarakat yang datang, dan kami juga akan membatasi jumlah jiwa yang akan hadir," katanya.

Dia mengatakan, sesuai aturan KPU masyarakat yang datang dan menghadiri kampanye hanya 50 orang , tidak boleh lebih dari itu. Jika masyarakat yang datang lebih dari yang ditentukan, maka akan dibatasi dan ditertibkan agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Selain itu, pada kesempatan kampanye pihaknya juga akan mengimbau kepada seluruh masyarakat terkait protokol kesehatan yakni selalu jaga jarak, rajin cuci tangan, dan wajib memakai masker saat beraktivitas.

"Dalam memutus mata rantai virus corona ini, tentunya menjadi kewajiban kita bersama dalam mengatasinya. Oleh sebab itu selain kita orasi pada momen kampanye, kami juga akan mengimbau kepada masyarakat untuk tetap patuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mamberamo Raya meminta kepada masing-masing palon bupati dan wakil bupati kabupaten setempat mematuhi protokol kesehatan saat kampanye ditingkat distrik.

Pelaksana Ketua Harian KPU Provinsi Papua yang juga merangkap sebagai Ketua KPU Mamberamo Raya, Fransiskus Letsoin mengatakan pihaknya meminta kepada masing-masing paslon untuk tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukan kampanye di tingkat distrik.

Dengan demikian agar bersama-sama memberantas virus corona di Kabupaten Mamberamo Raya, tapi juga secara tidak langsung masing-masing paslon memerangi percepatan penangan COVID-19 di daerah tersebut.

Juru Bicara Paslon Wan-Tas, Dino Renyaan mengemukakan pasangan calon nomor urut tiga bupati dan wakil bupati Mamberamo Raya, Kristian Wanimbo dan Yonas Tasti (Wan-Tas) menyiapkan 1.000 masker digunakan dalam setiap tahapan kampanye.

"Paslon nomor urut tiga Kristian Wanimbo-Yonas Tasti sudah menyiapkan masker serta peralatan pendukung lain, itu kami telah siapkan yang akan digunakan dalam setiap tahapan kampanye," katanya.

Sesuai hasil rapat di Burumueso, menurut dia, disepakati masker yang disampaikan untuk digunakan dalam masa kampanye sebanyak 1.000 masker, dan sementara masih dalam proses pengadaan. Selain masker, pihaknya juga menyiapkan baju untuk dipakai saat kampanye.
#satgascovid19 #ingatpesenibupakaimasker #jagajarak

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024