Jayapura (ANTARA) - Personel Kepolisian Resor Puncak Jaya terus menggelar patroli rutin untuk mengantisipasi dan meminimalisir gangguan tindakan kriminalitas di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua.

Kapolres Puncak Jaya AKBP Mikael Suradal ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Sabtu mengatakan kegiatan patroli rutin itu dilakukan oleh Satuan Samapta Polres Puncak Jaya.

"Rute patroli yang dilakukan yakni Pasar Nagalomuni Kota Baru, Jalan Usir Kota Lama, Bandara Mulia Kota Baru, Kampung Pruleme, hingga ke arah Alun-alun Kota Baru," katanya. 

Namun sebelum dilaksanakan kegiatan patroli, personel Satuan Samapta diberikan arahan bagaimana kegiatan teknis di lapangan, yang terutama harus dilakukan secara humanis.

"Personel sebelumnya mengikuti pengarahan yang dipimpin oleh danru patroli setelah itu, barulah melaksanakan kegiatan patroli yang diawali ke Pasar Nagalomuni Kota Baru," katanya.

Setelah itu, personel melanjutkan kegiatan patroli ke arah di Bandara Mulia Kota Baru, dengan melintasi Kampung Pruleme.

"Disana, anggota juga melakukan pemantauan situasi keamanan di seputaran Kampung Pruleme guna mencegah adanya gangguan kamtibmas," katanya.

Sepanjang kegiatan patroli berlangsung, kata dia, anggota juga memberikan arahan protokol kesehatan yakni 3M+1T kepada masyarakat yang ditemui di jalan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan pada saat beraktifitas di luar rumah yakni dengan memakai masker, menjaga jarak, selalu rajin mencuci tangan serta tidak berkerumun.

"Patroli dan himbauan ini akan terus dilakukan oleh di lapangan untuk terus mengingatkan masyarakat agar selalu menaati protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran COVID-19. 

Selain itu, patroli ini juga dilaksanakan untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat agar tetap aman dan kondusif sehingga masyarakat dapat beraktifitas dengan aman dan nyaman," katanya.

 

Pewarta : Alfian Rumagit
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024