Jayapura (ANTARA) - Ketua Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Jayapura Rustan Saru berharap pasien yang sudah dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona membantu pemerintah menyosialisasikan upaya pencegahan penularan penyakit tersebut.

"Saya berharap bapak, ibu, dan saudara-saudari yang sembuh dari COVID-19 ketika pulang ke rumah dapat berkomunikasi dengan keluarga, kerabat, tempat pengajian, tempat perkumpulan seperti di gereja maupun di masjid, dimana pun berada, untuk menyosialisasikan pencegahan penyakit ini," kata Rustan di Jayapura, Senin.

Dia berharap pasien yang sudah sembuh dari COVID-19 menjadi corong penyampai upaya pencegahan penularan virus corona kepada masyarakat sekitarnya.

Rustan juga menyarankan pasien yang sudah sembuh dari infeksi virus corona melanjutkan menerapkan pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan bergizi dan rutin berolahraga.

"Kita tidak tahu kapan penyakit ini berakhir. Kita berharap penyebaran virus ini agar cepat berakhir. Dengan demikian diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan, tetap menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun, dan memakai masker," katanya.

Hingga Minggu (1/11), jumlah akumulatif pasien COVID-19 di Kota Jayapura sebanyak 4.893 orang dan 1.865 orang di antaranya masih menjalani perawatan.

Jumlah pasien yang sudah sembuh dari penyakit itu tercatat 2.950 orang dan pasien yang meninggal dunia karenanya sebanyak 78 orang.

Pewarta : Musa Abubar
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024