Jakarta (ANTARA) - Sebanyak sembilan tim sudah memastikan langkah ke babak gugur Liga Champions, yang artinya masih ada tujuh tiket tersisa diperebutkan dalam rangkaian laga pemungkas fase grup pada Rabu (9/12) dini hari nanti dan Kamis (10/12) dini hari WIB.

Sebagai informasi dari delapan grup yang ada, dua grup yakni Grup C dan Grup G, sudah kehabisan tiket babak gugur yang masing-masing dimiliki Manchester City dan Porto serta Barcelona dan Juventus.

Sebaliknya di Grup B dan Grup H belum ada satu pun tim yang mengunci tiket babak gugur. Bahkan di Grup B, empat tim penghuninya masih punya kesempatan untuk meloloskan diri ke babak 16 besar.

Berikut adalah skenario perebutan sisa tiket babak gugur Liga Champions di masing-masing grup:

Grup A

Yang sudah lolos: Bayern Munich

Yang masih berpeluang lolos: Atletico Madrid & Red Bull Salzburg

Yang sudah tersingkir: Lokomotiv Moskow

Jadwal pertandingan: Kamis (10/12) dini hari - Bayern vs Lokomotiv; Salzburg vs Atletico

Bayern selaku juara bertahan sudah mengunci tiket babak gugur sejak memenangi laga keempat pada 25 November lalu. Atletico saat ini mengantungi enam poin di peringkat kedua, unggul dua poin atas Salzburg.

Atletico hanya butuh hasil imbang di kandang Salzburg untuk memastikan kelolosan diri. Jika Salzburg yang menang, otomatis mereka memyalip Atletico ke babak 16 besar.

Sementara itu, Lokomotiv selaku juru kunci masih punya peluang tipis untuk meraih tiket lungsuran ke babak 32 besar Liga Europa, jika mampu menciptakan kejutan mengalahkan Bayern di laga pemungkas dan di pertandingan lain Salzburg gagal menang atas Atletico.

Selanjutnya: Grup B dan C Grup B

Yang sudah lolos: -

Yang masih berpeluang lolos: Borussia Moenchengladbach, Shakhtar Donetsk, Real Madrid & Inter Milan

Yang sudah tersingkir: -

Jadwal pertandingan: Kamis (10/12) dini hari - Real vs Gladbach; Inter vs Shakhtar

Grup B terbukti jadi grup neraka karena empat tim masih berpeluang memperebutkan tiket babak 16 besar hingga laga pemungkas. Gladbach memimpin dengan koleksi delapan poin, diikuti Shakhtar (7), Real (7) dan Inter (5).

Bukan tidak mungkin dua tim yang memasuki putaran pemungkas dengan menduduki dua posisi terbawah, bakal membalikkan kedudukan klasemen akhir.

Semua tim kecuali Inter akan otomatis lolos ke babak 16 besar apabila memenangi laga pemungkas tanpa peduli hasil pertandingan lainnya.

Bagi Gladbach skor imbang di markas Real sudah memastikan langkah ke babak 16 besar, apapun hasil pertandingan Inter vs Shakhtar.

Real juga bisa lolos dengan hasil imbang kontra Gladbach, asalkan di pertandingan lain Shakhtar dikalahkan Inter.

Hasil imbang juga sudah cukup bagi Shakhtar meloloskan diri ke babak 16 besar, asalkan Real tidak meraih kemenangan melawan Gladbach.

Inter jadi tim yang nasibnya tidak sepenuhnya berada di tangan sendiri. Jika mampu mengalahkan Shakhtar, Inter baru bisa lolos dengan syarat ada pemenang dalam laga Real vs Gladbach.

Sebab, jika Gladbach vs Real berakhir imbang, maka Los Blancos memiliki delapan poin disertai catatan head-to-head dua kemenangan atas Inter, yang cuma mampu meraih poin maksimal delapan.

Grup C

Yang sudah lolos: Manchester City & Porto

Yang masih berpeluang lolos: -

Yang sudah tersingkir: Olympiakos & Marseille

Jadwal pertandingan: Kamis (10/12) dini hari - Manchester City vs Marseille; Olympiakos vs Porto

City sudah dipastikan menjuarai Grup C dan Porto telah mengunci tempat mendampingi mereka ke babak 16 besar.

Satu-satunya persaingan tersisa adalah memperebutkan posisi ketiga untuk meraih tiket lungsuran ke babak gugur Liga Europa yang melibatkan Olympiakos dan Marseille.

Secara head-to-head Olympiakos punya keunggulan agresivitas gol tandang atas Marseille yang sama-sama mengoleksi tiga poin sejauh ini.

Baik Olympiakos maupun Marseille tentu berharap status sudah lolos ke babak 16 besar akan membuat lawan mereka masing-masing, Porto dan City, melakukan rotasi besar di laga pemungkas sekaligus membuka peluang mencuri poin.

Selanjutnya: Grup D, E dan F Grup D

Yang sudah lolos: Liverpool

Yang masih berpeluang lolos: Atalanta & Ajax

Yang sudah tersingkir: Midtjylland

Jadwal pertandingan: Kamis (10/12) dini hari - Ajax vs Atalanta; Midtjylland vs Liverpool

Liverpool sudah lolos dan mengunci posisi puncak Grup D, maka persaingan menyisakan perebutan satu tiket sisa ke babak 16 besar antara Atalanta dan Ajax.

Atalanta yang saat ini unggul satu poin atas Ajax, hanya butuh hasil imbang saat melawat ke Johan Cruijff Arena untuk laga pemungkas, sedangkan tuan rumah harus menang untuk bisa lolos mendampingi Liverpool.

Grup E

Yang sudah lolos: Chelsea & Sevilla

Yang masih berpeluang lolos: -

Yang sudah tersingkir: Krasnodar & Rennes

Jadwal pertandingan: Rabu (10/12) dini hari - Chelsea vs Krasnodar; Rennes vs Sevilla

Grup E merupakan satu-satunya grup yang segala sesuatunya sudah terpampang sehingga rangkaian laga pemungkas tak ubahnya sekadar formalitas yang harus dilakoni.

Chelsea sudah dipastikan menjuarai grup dan melangkah ke babak 16 besar didampingi Sevilla.

Sedangkan peringkat ketiga dan tiket lungsuran ke Liga Europa sudah jadi milik Krasnodar.

Dan Rennes, dua musim beruntun tampil di kompetisi Eropa hanya sebagai pelengkap dan tambang poin bagi lawan-lawannya di fase grup.

Grup F

Yang sudah lolos: Borussia Dortmund

Yang masih berpeluang lolos: Lazio & Club Brugge

Yang sudah tersingkir: Zenit St. Petersburg

Jadwal pertandingan: Kamis (10/12) dini hari - Zenit vs Dortmund; Lazio vs Brugge

Dortmund sejauh ini sudah mengunci satu tiket babak 16 besar, tetapi bisa saja turun di posisi kedua klasemen akhir jika gagal mengalahkan Zenit di laga pemungkas.

Dortmund bakal turun ke posisi kedua, jika di laga lain Lazio menang atas Brugge di Olimpico.

Namun, Lazio di atas kertas cuma butuh hasil imbang untuk lolos mendampingi Dortmund, tidak seperti Brugge yang wajib menang di Olimpico.

Selanjutnya: Grup G dan H Grup G

Yang sudah lolos: Barcelona & Juventus

Yang masih berpeluang lolos: -

Yang sudah tersingkir: Dynamo Kiev & Ferencvaros

Jadwal pertandingan: Rabu (10/12) dini hari - Barcelona vs Juventus; Dynamo vs Ferencvaros

Kendati sama-sama sudah lolos ke babak 16 besar, tentu saja pertemuan Barcelona vs Juventus bakal lebih menarik perhatian di rangkaian laga pemungkas.

Bukan saja karena Juve berpeluang merebut posisi puncak dari tangan Barcelona, tetapi ini menjadi reuni kecil --yang mungkin entah kapan bisa terulang kembali-- antara rivalitas individual paling kesohor di abad 21 yakni antara Lionel Messi vs Cristiano Ronaldo.

Pertemuan itu jelas memalingkan perhatian dari fakta bahwa di Grup G masih ada satu tiket yang diperebutkan, yakni tiket babak 32 besar Liga Europa, yang melibat Dynamo dan Ferencvaros.

Siapapun pemenang akan menduduki posisi ketiga klasemen dan lanjut ke Liga Europa, namun jika imbang dengan skor 1-1 atau kurang, Dynamo punya keunggulan agresivitas gol tandang atas Ferencvaros.

Grup H

Yang sudah lolos: -

Yang masih berpeluang lolos: Manchester United, Paris Saint-Germain & RB Leipzig

Yang sudah tersingkir: Istanbul Basaksehir

Jadwal pertandingan: Rabu (10/12) dini hari - PSG vs Basaksehir; Leipzig vs MU

Siapa sangka MU yang mengawali petualangan di Liga Champions musim ini dengan dua kemenangan meyakinkan malah harus menjalani penentuan tiket babak 16 besar di laga pemungkas.

MU, PSG dan Leipzig sama-sama memiliki koleksi sembilan poin sejauh ini.

Di atas kertas, MU dan PSG cuma butuh hasil imbang di laga pemungkas untuk memastikan langkah ke babak 16 besar.

Sebab jika itu terjadi, MU dan PSG punya keunggulan selisih gol head-to-head atas Leipzig, sebagaimana yang terlihat di klasemen saat ini.

Maka, MU lolos apabila menang atau imbang kontra Leipzig, tak peduli hasil laga lain.

PSG lolos jika menang atau imbang melawan Basaksehir, apapun hasil laga lain. PSG juga lolos jika kalah melawan Basaksehir dan di laga lain Leipzig mampu mengalahkan MU.

Sedangkan Leipzig hanya bisa lolos jika mengalahkan MU.
 

Pewarta : Gilang Galiartha
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024