Sorong (ANTARA) - Kasus penularan virus corona penyebab COVID-19 di Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, sudah mulai menurun menurut Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 setempat.

"Dalam sebulan terakhir, angka kasus baru COVID-19 di Kota Sorong rata-rata di bawah 50 kasus, tidak seperti sebelumnya di atas 50 kasus," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Kota Sorong Ruddy Laku pada Jumat.

"Namun virus ini masih ada, sehingga masyarakat harus tetap menerapkan protokol kesehatan, terutama hindari kerumunan," katanya.

Ia mengemukakan bahwa pembukaan kembali bandara dan pelabuhan hingga sekarang belum berdampak pada peningkatan kasus COVID-19 di Kota Sorong.

Aparat pemerintah yang meliputi Satuan Polisi Pamong Praja, TNI, dan Polri, menurut dia, terus melakukan operasi penegakan protokol kesehatan untuk memastikan warga disiplin menjalankan upaya pencegahan penularan virus corona.

Ia mengatakan bahwa saat ini protokol kesehatan masih menjadi cara yang paling efektif untuk menghindari penularan COVID-19.

"Tetap gunakan masker, rajin mencuci tangan, tidak melakukan aktivitas yang mengumpulkan orang banyak agar kita terhindar dari penyebaran virus Corona," kata Ruddy.

Menurut data pemerintah, jumlah akumulatif warga yang terserang COVID-19 di Kota Sorong sebanyak 2.408 orang dan 2.173 orang di antaranya sudah sembuh.

 

Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024