Jayapura (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menyebutkan beberapa atlet dari cabang olahraga sudah melakukan vaksinasi COVID-19.

Sekretaris Umum KONI Papua Kenius Kogoya di Jayapura, Sabtu, mengatakan vaksinasi COVID-19 bagi atlet Bumi Cenderawasih sedang berjalan, disesuaikan dengan waktu latihan dari masing-masing cabang olahraga.

"Pelaksanaan vaksinasi yang terlaksana ini, atas kerjasama KONI, Puslatprov dan Dinas Kesehatan," katanya.

Menurut Kenius, dengan vaksinasi ini bisa memberikan rasa percaya diri dan semangat pada para atlet dalam menjalani latihan persiapan PON, di mana vaksin ini juga untuk keamanan kesehatan atlet sendiri.

"Vaksinasi bagi atlet sudah menjadi kewajiban karena sudah diperintahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo, Menpora maupun Ketum Koni Pusat," ujarnya.

Dia menjelaskan oleh karena itu, para atlet, pelatih maupun ofisial Papua wajib mendukung program pemerintah sebagai upaya menghindari diri terpapar virus Corona.

"Namun, bagi para atlet yang sudah vaksinasi tahap pertama, kami mengimbau tetap menjalankan protokol kesehatan, apalagi masih menunggu vaksinasi tahap kedua," katanya lagi.

Dia menambahkan dalam pelaksanaan vaksinasi ini, pihaknya juga mengharapkan Dinas Kesehatan bisa melakukan koordinasi dengan tim medis Koni Papua, supaya dapat mengatur waktu latihan dari masing-masing cabang olahraga.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024