Timika (ANTARA) - Tim Asistensi Penyelenggaraan Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Pusad Teritorial Angkatan Darat dipimpin Kabag Ruang Tata Ruang Wilayah Bintahwil Pusterad Letkol Inf Yudi Yahya melakukan pengecekan kegiatan pembinaan program Pramuka di lingkungan Kodim 1710/Mimika.

Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya dalam keterangan diterima ANTARA, Sabtu mengatakan, kegiatan asistensi pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika dihadiri 25 orang peserta berasal dari personel Kodim1710/Mimika, aparat pemerintahan, masyarakat dan anggota pramuka.

Dandim Letkol Inf Yoga Dandim mengakui, adanya asistensi dari tim Pusterad diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan sebagai modal pengetahuan bagi anggota Pramuka untuk membantu pemerintah dan menanamkan rasa cinta tanah air.

"Harapan saya dengan datangnya Tim Asistensi Pusterad dapat meningkatkan wawasan, pengetahuan dan ketrampilan khususnya bagi para pramuka," tambah Letkol Inf Yoga

Pasiter Kodim 1710/Mimika Kapten Chb Eliazar memaparkan tentang kegiatan Saka Wira Kartika di wilayah Kodim 1710/Mimika dimana kegiatan Pramuka sudah berjalan secara periodik.

"Kegiatan kepramukaan sudah berjalan tertib sesuai dengan waktu yang telah direncanakan namun selama pandemi COVID-19 kegiatan tidak dilaksanakan dan dialihkan dengan mengikuti kegiatan sosial penggalangan dana bagi korban bencana alam serta pengamanan kegiatan peribadatan keagamaan di wilayah Kabupaten Mimika," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Asistensi dari Pusterad Letkol Inf Yudi Yahya mengatakan, pembentukan Saka Wira Kartika adalah untuk pengenalan kegiatan Matra Darat sekaligus untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bela negara.

"Asistensi ini bertujuan untuk mengetahui sampai sejauh mana hasil penyelenggaraan pembinaan Saka Wira Kartika," jelas Letkol Inf Yudi Yahya

Letkol Inf Yudi menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan saran.

"Para peserta yang hadir aktif dalam memberikan masukan terkait pengembangan kegiatan kepramukaan ke depan," harap Letkol Yudi.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024