Biak (ANTARA) - Prosesi ritual masyarakat adat Biak mengiringi program Tentara Manunggal Membangun Desa ke-111 Kodim 1708/Biak digelar di Rumah Mananwir Galvin Mofu dengan ibadah syukur dan sekaligus tradisi adat pemasangan atap rumah di Kampung Kandibundi Distrik Swandiwe Kabupaten Biak Numfor.

Acara ritual adat pemasangan atap rumah yang dihadiri Dandim 1708/BN, Danramil 1708-03/Biak Barat beserta para pendeta dan keluarga, Sabtu.

Mananwir Galvin Mofu menjelaskan, acara adat pemasangan atap seng ini merupakan sebuah tradisi adat yang tidak boleh ditinggalkan, apalagi rumah yang dibangun dalam program TMMD ini merupakan rumah yang diberikan kepada para Kepala Adat/Mananwir di wilayah Biak Numfor.

“Karena ini rumah adat bagi tokoh-tokoh adat/Mananwir maka kami iringi dengan acara ritual secara bertahap, dari ibadah syukur sampai dengan pemasangan atap seng,"ungkap Galvin.

Dalam kesempatan ini,lanjutnya, warga bersyukur dan bahagia karena acara adat pemasangan atap ini Dandim 1708/BN berkenan hadir ditengah-tengah masyarakat adat.

Di tengah-tengah acara adat pemasangan atap Dandim 1708/BN Letkol Inf Arif Setiyono berpesan kepada masyarakat Kandibundi untuk ikut serta membantu anggota Satgas TMMD ke-111 dalam membangun rumah para Mananwir ini.

"Saya meminta seluruh warga dan anggota Satgas TMMD ke-111 untuk mematuhi protokol kesehatan dengan 5M demi menjaga agar  terhindar dari COVID-19,"ujarnya.

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024