Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Papua Setyo Wahyudi di Jayapura, Senin, mengatakan pihaknya menjalin kerja sama dengan PT POS Indonesia setempat untuk.pembayaran PKB

"Sehingga kini, pembayaran pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan melalui Kantor Pos Indonesia di masing-masing wilayah," katanya.

Menurut Setyo, untuk PAD Provinsi Papua masih didukung dari penerimaan pajak kendaraan bermotor, jadi dengan kerjasama ini diharapkan pembangunan di Papua semakin meningkat.

"Dengan memperluas jangkauan, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan asli daerah khususnya di Provinsi Papua," ujarnya.

Dia mengharapkan dengan kerja sama tersebut dapat meningkatkan PAD sekitar lima persen bahkan diperkirakan lebih dari jumlah ditetapkan.

"Dari pajak kendaraan bermotor sendiri, masih banyak potensi yang belum bisa digali dari daerah-daerah yang belum tersentuh oleh Samsat misalnya," katanya lagi.

Dia menambahkan potensi PAD lainnya bisa dijangkau juga ke depannya dengan adanya kerja sama tersebut dan pastinya dapat meningkatkan PAD Provinsi Papua.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024