Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota Jayapura, Papua melalui Dinas Pariwisata Kota Jayapura tengah menyiapkan sejumlah objek wisata pantai untuk mendukung penyelenggaraan PON XX Papua yang berlangsung 2-15 Oktober 2021 di Kota Jayapura.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura Matias B Mano dalam keterangan di Jayapura, Kamis, menyampaikan keindahan objek wisata pantai di Kota Jayapura merupakan peluang yang bagus kunjungan atlet PON karena bisa mendatangkan uang bagi masyarakat pengelola objek wisata setempat.

"Dispar Kota Jayapura juga mendorong pelaku usaha mikro kecil menengah dapat menyiapkan berbagai produk kerajinan berupa suvenir menarik dan berkualitas sebagai oleh-oleh dibawa pulang bagi pengunjung yang datang ke Kota Jayapura,"ungkap Kadispar Mathis Mano di Jayapura.

Diakuinya, perhelatan PON XX Papua semakin dekat sehingga Pemkot Jayapura menyiapkan sejumlah wisata alam lainnya guna mendukung penyelenggaraan PON Papua.

Kadis Pariwisata Kota Jayapura Matias Mano mengatakan, kota Jayapura mempunyai keindahan objek wisata pantai yang bagus dan alami.

"Masyarakat Kota Jayapura siap menyambut atlet-atlet terbaik dari 34 provinsi se Indonesia pada ajang PON XX Papua,"ungkapnya.

Ia berharap, kunjungan atler PON XX di Papua dapat meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat lokal setempat khususnya para pengelola objek wisata dan pelaku UMKM yang menyiapkan berbagai jenis produk kerajinan daerah.

Pada PON XX Papua dijadwalkan berlangsung 2-15 Oktober 2021 berlangsung di empat klaster penyelenggara di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Mimika dan Kabupaten Merauke mempertandingkan 37 cabang olahraga, 56 disiplin serta 681 nomor pertandingan diikuti 6.000 lebih atlet dari 34 provinsi di Indonesia.




 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024