Jayapura (ANTARA) -
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua meluncurkan aplikasi Statistical Management and Collaboration System (SIMACE) untuk mempermudah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan setempat melakukan pendataan statistik.
 
Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina di Jayapura, Selasa, mengatakan untuk memperoleh data-data statistik, kini OPD tidak perlu lagi datang ke kantor, cukup dengan mengakses aplikasi SIMACE.
 
"Diharapkan dengan adanya aplikasi ini, OPD dapat lebih mandiri dalam hal input data dan pendataan sendiri," katanya.
 
Menurut Adriana, dengan pembinaan statistik yang dilakukan BPS maka ke depan, diharapkan OPD-OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dapat lebih mudah mengakses data-data dibutuhkan.
 
"Aplikasi ini juga terintegrasi dengan website BPS dan berkolaborasi dengan sistem informasi keterbukaan publik masing-masing OPD," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pihaknya menjamin keamanan pengguna ketika menggunakan aplikasi SIMACE karena tidak sembarang orang bisa mengakses data-data internal di dalamnya.
 
"Butuh rekomendasi dari admin untuk dapat membuka data-data yang sifatnya privasi di dalamnya," katanya lagi.
 
Dia menambahkan aplikasi ini selain dapat digunakan oleh OPD, juga bisa diakses oleh mahasiswa misalnya yang telah memiliki rekomendasi dari admin SIMACE.
 

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024