Biak (ANTARA) - Prajurit TNI Babinsa Koramil 1708-05/Numfor Babinsa Koptu Harun Mandobar memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada  pelajar Sekolah Dasar Negri Saribi Distrik Orkeri, Kabupaten. Biak Numfor, Papua.

Babinsa Koptu Harun mengatakan, pemberian materi Wasbang kepada para pelajar merupakan salah satu program yang dilaksanakan aparat teritorial.

"Guna menanamkan rasa cinta tanah air terhadap seluruh elemen masyarakat termasuk di dalamnya para siswa-siswi di sekolah sebagai generasi penerus bangsa,"kata Babinsa Koptu Harun.

Babinsa mengatakan, kegiatan pemberian materi Wasbang disesuaikan dengan usia para siswa dan siswi Sekolah Dasar agar dapat mengerti dan memahami tentang sejarah Bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaan neliputi Pancasila.

Serta  mengingat kembali nama-nama pahlawan khususnya dari daerah Papua, yang berjasa dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

"Hal ini untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air atau Nasionalisme dan Patriotisme terhadap anak  sebagai generasi penerus dan tidak  terprovokasi pihak yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa," jelas Koptu Harun.

Sementara itu, Kepala Sekolah F. Mamoribo S.Pd mengucapkan terima kasih kepada Babinsa, yang sudah datang memberikan materi pelajaran wawasan kebangsaan.

"Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para pelajar terutama pada usia dini akan dapat menghargai jasa para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan bangsa Indonesia,"ujar Kepala Sekolah Mamoribo.

 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024