Jayapura (ANTARA) -
Jajaran pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah berkomitmen untuk meningkatkan penyelenggaraan roda pemerintahan yang lebih baik pada tahun anggaran 2022.
 
Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Papua Ridwan Rumasukun di Jayapura, Jumat, mengatakan, pihak Pemprov  juga berkomitmen untuk melaksanakan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan yang lebih baik lagi di tahun depan.
 
"Kami mengajak semua pemangku kepentingan penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari pemerintah daerah kabupaten atau kota, TNI/ Polri , BUMN/BUMD, akademisi dan masyarakat bergandengan tangan membangun Papua,"katanya.
 
Menurut Ridwan, di tahun 2021 beberapa saat lagi akan berlalu banyak hal yang sudah dilakukan jajaran pemerintah Provinsi Papua untuk membangun tanah Papua.

Torehan capaian prestasi yang diraih Pemprov Papua, menurut Sekda Ridwan, sangat banyak, dimulai dari penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik, pembangunan infrastruktur di pusat kota maupun daerah pedalaman Papua serta  penyediaan fasilitas layanan publik.
 
"Tidak hanya itu, penanganan dan pencegahan pandemi COVID-19, pengendalian inflasi untuk menjaga pertumbuhan ekonomi di Papua serta tentunya yang menjadi kebanggan bersama adalah suksesnya Papua menjadi tuan rumah penyelenggara PON XX dan Peparnas XVI juga suatu capaian  prestasi bagi Papua pada perhelatan akbar olahraga empat tahunan di tanah air,"ujarnya.
 
Dia menjelaskan selain capaian itu, ada juga permasalahan yang masih harus menjadi perhatian bersama bagi semua pihak seperti adanya konflik di beberapa daerah di Papua, masih minimnya fasilitas sarana prasana kesehatan dan pendidikan di daerah terpencil.
 
"Minimnya kesempatan kerja yang mengakibatkan tingginya angka pengangguran serta masalah masalah sosial ekonomi, budaya dan hukum lainnya juga menjadi perhatian bersama," katanya lagi.
 
Dia menambahkan untuk itu, pihaknya mengajak stakeholder di wilayahnya bekerja bersama mewujudkan Papua bangkit mandiri sejahtera yang berkeadilan untuk Indonesia yang tangguh dan Indonesia yang tumbuh.

Pewarta : Hendrina Dian Kandipi
Editor : Muhsidin
Copyright © ANTARA 2024