Jayapura (ANTARA) - Panglima Kodam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus dan penghargaan atas kerja keras serta dedikasi yang telah ditunjukkan seluruh prajurit dan PNS karena sepanjang tahun 2021 berbagai tugas yang diamanatkan  negara telah dapat dilaksanakan dengan baik.

"Seperti pengamanan perbatasan, penanggulangan bencana alam, termasuk penanganan pandemi COVID-19 dan  tugas perbantuan lainnya. Telah menjadi bukti nyata pengabdian kita kepada bangsa dan negara,"ungkap Pangdam membacakan amanat Kasad pada upacara 17-an di lapangan Frans Kaisiepo Makodam XVII/Cenderawasih, Senin.

Diakuinya, pencapaian ini harus dapat ditingkatkan di tahun 2022 karena berbagai agenda yang bersifat nasional maupun internasional juga menuntut kesiapan TNI AD.

"Untuk itu menyambut tugas mulia tersebut, maka kesiapan operasional harus terus dipelihara. Disamping itu, program peningkatan profesionalisme prajurit TNI AD harus menjadi prioritas dalam tahun 2022.Meski banyak prestasi yang berhasil ditoreh TNI AD, namun demikian masih terdapat berbagai kekurangan yang harus segera diperbaiki,"ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Selesai kegiatan upacara 17-an, Pangdam XVII/Cenderawasih bersama Kasdam, Irdam, Kapoksahli dan para pejabat lainnya beserta prajurit dan PNS Kodam melaksanakan olahraga keliling di sekitar markas dan asrama Kodam XVII/Cenderawasih.

Pangdam XVII/Cenderawasih memberikan pengarahan kepada prajurit dan PNS di lapangan tenis Makodam XVII/Cenderawasih.

Pangdam Mayjen Ignatius Yogo Triyono  memberikan beberapa atensi antara lain tentang pemeliharaan dan pemanfaatan sarana olahraga, pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat.

"Yang mengetahui kondisi kesehatan adalah kita sendiri, sakit dapat ditimbulkan karena pola dan gaya hidup yang salah. Maka diperlukan makan yang baik, istirahat yang cukup dan berolahraga harus seimbang karena kesehatan merupakan kunci untuk bekerja dan beraktivitas,"kata Pangdam XVII/Cenderawasih.

Pangdam Mayjen Ignatius Yogo Triyono mengingatkan, prajurit harus disiplin dengan mempedomani santiaji yaitu Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

"Jika diterapkan maka hubungan pimpinan dan bawahan serta hubungan dengan Tuhan semakin baik,"tambah Mayjen TNI Yogo Triyono.

Menyikapi dengan kondisi dan situasi serta perubahan cuaca akhir-akhir ini, menurut Pangdam XVII/Cenderawasih menegaskan, untuk menjaga diri, keluarga dan lingkungan.

"Satuan jajaran Kodam XVII/Cenderawasih harus selalu siap dan memiliki alat perlengkapan dalam penanganan banjir dan longsor,"tegasnya.

Pangdam XVII/Cenderawasih meminta para prajurit dan PNS Kodam XVII/Cenderawasih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial karena terdapat hukum dan aturan yang perlu dipedomani.

"Kebanggaan satuan yaitu disiplin, tidak ada pelanggaran dapat melaksanakan tugas pokok dan kita bangga dengan satuan maka kita bangga pada diri kita," ungkap Pangdam XVII/Cenderawasih.

Terkait dengan pandemi COVID-19, menurut Pangdam XVII/Cenderawasih,  agar kita semuanya tetap senantiasa menjaga dan menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditentukan pemerintah pusat maupun daerah agar dapat memutuskan mata rantai penyebarannya.

"Adanya virus corona yang baru omicron, maka tetap patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penyebaran COVID-19 yang saat ini masih berlangsung di Indonesia bahkan di dunia,"ujarnya.



 

Pewarta : Muhsidin
Editor : Editor Papua
Copyright © ANTARA 2024